Zuckerberg Sindir Apple: WhatsApp Lebih Aman dari iMessage

  • Whatsapp

Bacaan Lainnya

cocotekno.com – CEO Meta, Mark Zuckerberg menyindir raksasa teknologi dunia Apple. Dia menyatakan WhatsApp lebih aman dari iMessage.

Sindiran itu dia ucapkan dalam akun Instagram resminya. Dalam foto yang diunggah, terlihat seperti tampilan chat WhatsApp namun dengan tambahan tiga bubble.

Dua bubble berwarna hijau dan biru seperti tampilan milik iMessage. Sementara itu bubble ketiga mirip chat WhatsApp dengan tulisan Private Bubble.

Foto itu juga menampilkan tulisan jika chat personal antar perangkat dilindungi oleh end-to-end encryption, sistem keamanan yang selalu dibanggakan oleh WhatsApp.

“WhatsApp jauh lebih private dan aman daripada iMessage dengan end-to-end encryption yang berfungsi di iPhone dan Android termasuk obrolan grup,” tulis Zuckerberg dalam unggahan tersebut, dikutip Rabu (19/10/2022).

Zuckerberg juga menjelaskan soal kemampuan keamanan yang dilakukan WhatsApp termasuk backup end-to-end encryption. Kedua fitur tersebut, menurutnya tidak dimiliki oleh layanan pesan instan milik Apple.

“Dengan WhatsApp, Anda juga bisa mengatur agar semua chat baru menghilang dengan satu ketukan tombol. Dan tahun lalu kami uga memperkenalkan pencadangan enkripsi dari ujung ke ujung,” jelas Zuckerberg. “Di mana semua yang belum dimiliki oleh iMessage”.

Sebelumnya, end-to-end encryption juga jadi senjata menyerang balik bos Telegram Pavel Durov yang lebih dulu melontarkan sindiran bagi WhatsApp. Saat itu dia mengatakan HP pengguna WhatsApp telah disusupi oleh hacker.

Tak tinggal diam Will Catchart, Head of WhatsApp membantah klaim tersebut. Bukan hanya itu dia juga memastikan tak menggunakan Telegram karena tidak memiliki end-to-end encryption.

“Saya tidak akan menggunakan Telegran untuk hal pribadi. Tidak seperti WhatsApp, Telegram tidak punya end-to-end encryption dan tidak ada cara untuk mengaktifkannya untuk grup,” tulis Cathcart.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cnbcindonesia.com. Situs https://cocotekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), https://cocotekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Pos terkait