Xiaomi Pamer Mobil Listrik Pesaing Tesla yang Bisa “Nyopir” Sendiri

  • Whatsapp

cocotekno.com – Pada 2021, Xiaomi mengenalkan unit bisnis baru yang berfokus di mobil listrik, yaitu Xioami EV (Electronic Vehicle). Kini, Xiaomi mengungkap wujud mobil listrik pesaing Tesla tersebut, dan memamerkan kemampuan berkendara otomatisnya.

Mobil listrik Xiaomi dilengkapi “Xiaomi Pilot Technology”, sehingga mampu berkendara sendiri secara otomatis, tanpa bantuan apa pun dari manusia.

Bacaan Lainnya

Informasi ini disampaikan langsung oleh CEO Xiaomi, Lei Jun melalui cuitannya di Twitter dengan handle @leijun, Kamis (11/8/2022).

“Xiaomi Test Pilot kami telah mencapai pengalaman berkendara yang aman dan mulus di berbagai macam kondisi. Lihat video di bawah ini untuk beberapa demo (mobil listrik Xiaomi),” tulis Lei Jun.

Video yang berdurasi 1 menit 31 detik ini memamerkan hasil uji coba mobil listrik Xiaomi yang berjalan secara otonom. Selama video berlangsung, terdapat beberapa sudut pandang kamera yang menampilkan kondisi dari mobil listrik tersebut di jalan raya.

Hal pertama yang dimunculkan dari video tersebut adalah kemampuan mobil untuk berhenti secara otomatis dan menunggu sampai jalanan sepi, agar dapat melakukan putar balik. Putaran yang diuji coba saat itu adalah putaran membentuk huruf “U” atau “U-turn”.

Mobil juga mampu menghindari mobil lain yang sedang mogok di tengah jalan, melakukan jalan setengah memutar, mempercepat dan memperlambat kecepatan mobil sesuai kondisi jalan, mematuhi aturan lalu lintas, dan berhenti otomatis saat ada orang yang menyeberang.

Lei Jun mengatakan bahwa untuk membuat mobil listrik otomatis ini, Xioami telah merekrut lebih dari 500 pekerja agar bisa menjadi pemimpin industri EV pada 2024.

“Sejak Xiaomi memasuki bisnis EV 500 hari lalu, tim (dari divisi) mengemudi otonom telah mengumpulkan lebih dari 500 anggota, (yang) berencana untuk menginvestasikan 3,3 miliar yuan (sekitar Rp 7,1 triliun) pada fase R&D pertama, dan berkomitmen untuk mengembangkan alogiritma sendiri. Kami ingin menjadi pemimpin industu pada 2024,” tulis Lei Jun.

Nantinya, selain bisa berkendara secara otomatis, teknologi dari “Xiaomi Pilot” bakal memungkinkan mobil tersebut melakukan pengisian daya secara otomatis juga. Lalu diikuti dengan kemampuan memarkir di parkiran valet, memarkir di tempat yang sudah dipesan, dan sebagainya.

Total 140 mobil listrik otonom akan dibuat Xiaomi untuk kebutuhan uji coba. Xiaomi juga telah berjanji akan berinvestasi sebanyak 10 miliar dollar AS (setara Rp 147 triliun) dalam mengembangkan bisnis mobil listrik pintar tersebut.

Sebagaimana dikutip KompasTekno dari Gizmo China, Senin (15/8/2022), untuk mengembangkan bisnis ini, Xiaomi telah melakukan beberapa akuisisi, salah satunya Shendong Tecnology (ST) yang mengembangkan teknologi “Autonomous Driving”.

Akuisisi tersebut memungkinkan Xiaomi memanfaatkan arsitektur dan teknologi dari ST yang sebelumnya memang sudah ada.

Sementara itu, investasi yang bakal dilakukan Xioami ke depannya adalah terlibat langsung di hampir 10 perusahaan pengembang mobil otonomos, baik dari perangkat lunak (software) maupun perangkat kerasnya (hardware).

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs https://cocotekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), https://cocotekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Pos terkait