Wisata dan Pendakian Gunung Kerinci Ditutup Sementara

  • Whatsapp

cocotekno.com – Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat mengumumkan penutupan wisata dan pendakian Gunung Kerinci sampai batas waktu yang belum ditentukan akibat aktivitas vulkanis.

Penutupan berlaku melalui pintu masuk Pos R10 Kersik Tuo di Kabupaten Kerinci, Jambi, dan camping ground Bangun Rejo di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat.

Bacaan Lainnya

“Secara visual dari Solok Selatan dan Kerinci memang terlihat kepulan asap di puncak gunung,” kata Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Kerinci Seblat Wilayah IV, David, dikutip dari pada Rabu (19/10/2022).

Menurut Surat Edaran SE.976/T.1/BIDTEK/KSA/10/2022 pada Rabu, penutupan menyusul terjadinya peningkatan aktivitas vulkanis di gunung tersebut sejak Selasa (18/10/2022), berdasarkan pantauan visual dari Pos R10 Kersik Tuo.

Adapun pantauan itu didukung oleh data Pos Pengamatan Gunung Api Kerinci serta Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Menurut data tersebut, Gunung Kerinci mengalami erupsi dengan asap yang tingginya mencapai sekitar 500 meter pada Selasa dan sekitar 700 meter pada Rabu.

Selain itu, petugas Pos Pengamatan Gunung Api Kerinci, Irwan Safwan, menyampaikan bahwa gunung tersebut telah mengalami gempa tremor sejak tiga pekan terakhir yang menandakan adanya aktivitas magma.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://cocotekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), https://cocotekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Pos terkait