Waasintel KSAD Ingatkan Pentingnya Masyarakat Pahami Pancasila untuk Cegah Konflik Sosial

  • Whatsapp

cocotekno.com – Wakil Asisten Intelijen (Waasintel) KSAD Bidang Manajemen Intelijen Brigjen Antoninho Ragel Da Silva mengingatkan pentingnya Pancasila sebagai ideologi negara.

Menurut dia, Pancasila sebagai ideologi negara dapat menjadi pencegah terjadinya konflik sosial di tengah masyarakat.

Bacaan Lainnya

Hal ini disampaikan Antoninho ketika melaksanakan Program Pembinaan Komunikasi (Binkom) Cegah Konflik Sosial di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (27/10/2022).

“Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah atau menghindari terjadi konflik sosial di masyarakat, salah satu contoh masyarakat harus benar-benar memahami bahwa ideologi negara adalah berdasarkan Pancasila,” ujar Antoninho dalam keterangan tertulis, Minggu (30/10/2022).

Adapun Program Binkom Cegah Konflik Sosial di Banjarmasin diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari mahasiswa, tokoh pemuda, tokoh agama, hingga tokoh masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Antoninho juga mengingatkan pentingnya keterpaduan antara TNI, Polri, pemerintah daerah, dan masyarakat dalam melakukan antisipasi konflik sosial ke depan.

Ia meminta semua pihak agar tetap memelihara situasi agar tidak terjadi konflik sosial.

Selain itu, Antoninho menilai bahwa masyarakat Banjarmasin saat ini mampu memelihara situasi kondusif.

“Tinggal saling mengingatkan satu sama lain, saling tukar pikiran dan silaturahmi, sehingga konflik sosial dapat dicegah sedini mungkin,” kata Antoninho.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Banjarmasin Arifin Noor dalam mengapresiasi Program Binkom yang diinisiasi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman.

“Dengan kegiatan ini tentunya akan menambah wawasan, dan juga sebagai bagian dari upaya memelihara persatuan dan kesatuan, agar ke depan Banjarmasin tetap tenang dan damai,” ucap dia.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://cocotekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), https://cocotekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Pos terkait