Ulasan Sepintas mengenai Aplikasi Modalku.co.id

Modalku sebagai basis peer-to-peer (P2P) lending berbasiskan online yang menghadapkan aktor UKM (Usaha Kecil Menengah) yang memerlukan modal dan pantas credit dengan pemberi pinjaman yang ingin cari alternative investasi. Di bawah lindungan PT. Partnerusaha Indonesia Group, Modalku mengadakan service pendistribusian pinjaman uang berbasiskan tehnologi info keuangan (Financial technology).

Sebagai basis, Modalku berperanan sebagai mediator di antara peminjam dengan pemberi pinjaman. Pasti tidak cuman hanya mediator saja, Modalku mengurus dan salurkan dana dari pemberi pinjaman yang bertindak selaku investor ke beberapa aktor UKM yang memerlukan modal usaha.

Service yang diadakan oleh Modalku terang beroperasi di sektor tehnologi keuangan, terutamanya pengendalian dan pendistribusian modal usaha. Sebagai basis P2P Lending, rasio usaha Modalku termasuk lumayan besar. Ini ditunjukkan dengan prestasi Modalku yang sudah memperoleh permodalan seri A paling besar di teritori Asia Tenggara. Disamping itu, Modalku terima banyak penghargaan, bahkan juga dikukuhkan sebagai salah satunya perusahaan Financial technology 250, yaitu lis perusahaan terbaik yang lakukan inovasi pengembangan tehnologi keuangan. Prestasi membesarkan hati yang lain ialah Modalku sukses memenangi Digital Innovation Award dari Berita Perekonomian Indonesia.

Berikut ulasan yang sudah dilakukan dengan menyaksikan sepintas info dari web modalku.co.id. Penulis tidak pernah melakukan investasi di modalku, tetapi cuman menyaksikan info dalam situsnya.

Keuntungan dan rugi dalam service Modalku

Dengan tagline “Bersama Lebih memajukan Perekonomian Indonesia”, Modalku usaha untuk menolong program pemerintahan dalam mempertingkat kesejahteraan warga. Modalku memanglah bukan salah satu basis P2P Lending di Indonesia, tetapi banyak investor dan aktor UKM yang manfaatkan service Modalku untuk penuhi keperluan keuangannya. Sampai sekarang ini, jumlah permodalan yang sudah diatur oleh Modalku capai Rp 1,7 triliun dalam rasio regional.

Keyakinan yang diberi investor sebagai pemberi pinjaman modal dan aktor UKM sebagai peminjam modal ke Modalku untuk tangani masalah keuangannya tidak terlepas dari ada keuntungan yang dijajakan. Adapun keuntungan yang dijajakan Modalku ke investor, diantaranya:

Nilai permodalan yang dapat dijangkau. Untuk Anda yang ingin menginvestasikan dana Anda lewat Modalku, Anda perlu deposit minimal Rp 10 juta. Bila Anda mempunyai dana lebih pasti lebih bagus, karena kekuatan return yang dapat didapat makin besar. Dengan nilai permodalan minimal Rp 10 juta itu, Anda bisa memodali atau memberikan pinjaman minimal Rp 1 juta. Maknanya, Anda dapat memberinya pinjaman modal ke lebih satu aktor UKM yang memerlukan modal tambahan.
Resiko teratasi. Tiap investor tentunya ingin supaya investasinya mempunyai resiko rendah dengan tingkat pengembalian yang tinggi. Tidak dapat disangkal jika setiap investasi bakal ada resiko yang susah untuk dieliminasi. Meskipun begitu, resiko bisa diminimalisir. Modalku memberikan janji bahwa resiko investasi bisa dikendali dengan lakukan penganekaragaman permodalan. Penganekaragaman sebagai pendistribusian modal ke sejumlah peminjam. Maknanya, modal yang diinvestasikan oleh investor bukan hanya dipinjam oleh satu peminjam saja. Dengan begitu, resiko wanprestasi atau tidak berhasil bayar bisa diminimalisir.
Tingkat bunga pengembalian menarik. Point ini jadi keunggulan service yang ditawari oleh Modalku. Bagaimana tidak? Modalku berani memberinya tingkat pengembalian yang tinggi ke investor atas investasi yang ditanamkannya, melewati tingkat pengembalian pada deposito. Penganekaragaman permodalan yang sudah dilakukan Modalku bukan hanya meminimalkan resiko, tapi juga mengoptimalkan tingkat pengembalian. Kok dapat? Tingkat suku bunga pinjaman yang diterapkan berlainan, bergantung pada tipe pinjaman yang disodorkan peminjam.

Advertisement

Kendalian penuh pada investasi yang dipunyai. Modalku memberinya keringanan akses untuk investor untuk mengawasi bahkan juga mengontrol investasinya. Maknanya, investor bisa ketahui dengan jelas pendistribusian modal yang dimasukkan pada Modalku, karena basis ini diatur secara terbuka.
Ulasan ketat beberapa peminjam. Secara norma usaha P2P Lending, investor tidak bisa ketahui data diri peminjam secara resmi. Info mengenai peminjam cuman berbentuk deskripsi profile usaha dan tapak jejak keuangan dari si peminjam. Meskipun begitu, tidak ada yang penting dicemaskan karena Modalku lakukan ulasan ketat pada integritas calon peminjam, hingga cuman yang betul-betul pantas saja yang bakal mendapat pinjaman.
Walau tawarkan beberapa keuntungan, tetapi sebaiknya bila saat sebelum melakukan investasi menimbang peluang ada rugi yang dirasakan. Ingat tidak ada asuransi yang dipakai untuk mem-backup investasi yang diteruskan. Oleh karenanya, investasi dalam usaha P2P Lending ini beresiko pada perlakuan wanprestasi dan tidak berhasil bayar oleh peminjam. Mengakibatkan, investor alami rugi karena dananya tidak dapat kembali secara penuh.

Keuntungan tidak cuman dijajakan ke investor saja, tapi juga peminjam modal di Modalku. Adapun keuntungan untuk peminjam lewat Modalku, salah satunya:

Tanpa jaminan. Pendanaan yang sudah dilakukan oleh Modalku termasuk sebagai KTA (Credit Tanpa Agunan), yang pasti tidak dapat dilaksanakan oleh lembaga-lembaga perbankan.
Tingkat suku bunga dapat dijangkau. Modalku tawarkan tingkat suku bunga yang bersaing dan dapat dijangkau di antara 12 sampai 26% /tahun. Tingkat suku bunga itu pasti bergantung pada tipe dan nilai pinjaman yang disodorkan.
Proses cepat. Dalam mengolah aplikasi pinjaman yang disodorkan, Modalku memerlukan waktu lebih kurang 4 hari kerja. Periode waktu proses itu pasti termasuk cepat ingat pinjaman yang diberi tanpa jaminan.
Proses transaksi bisnis aman. Modalku jamin keamanan dalam berbisnis dan info individu dari peminjam. Tiap transaksi bisnis baik pencairan modal sampai cicilan dicatat dan dicetak secara terbuka hingga dapat dijangkau baik oleh peminjam atau pemilik modal.
Dalam pendistribusian modal usaha lewat Modalku, baik peminjam atau investor dikenai ongkos administrasi. Besaran ongkos administrasi untuk peminjam ialah 3% dari keseluruhan pinjaman yang dicairkan. Sementara untuk investor sejumlah 3% setiap repayment permodalan yang sudah dilakukan.

Langkah manfaatkan service Modalku

Menjadi investor atau peminjam di Modalku, Anda wajib melakukan register lebih dulu. Dari register dilaksanakan, Anda akan mempunyai account di basis Modalku. Triknya lumayan gampang, Anda perlu mendaftarkan online dengan mengisikan data diri yang disuruh pada formulir yang sudah disiapkan di website Modalku yang beralamat di www.modalku.co.id. Sesudah mendaftarkan, Anda akan mendapat e-mail berisi link untuk aktifkan account di Modalku.

Dengan mempunyai account di basis Modalku, Anda menjadi investor atau peminjam atau bahkan juga ke-2 nya. Untuk investor, Anda dapat selekasnya deposit minimal Rp 10 juta. Tetapi, Anda tidak langsung bisa lakukan permodalan, karena harus menanti verifikasi dari Modalku minimal dalam kurun waktu lebih kurang 5 jam. Bila Anda sudah memperoleh verifikasi, karena itu dapat lakukan permodalan dengan aktifkan formulir sisi Permodalan dan mengisikan nama, alamat e-mail, nomor telephone, dan yang lain sesuai panduan yang ada.

Advertisement

Sementara untuk peminjam langsung bisa ajukan aplikasi pinjaman lewat cara online dengan mengisikan data diri berbentuk nama, nomor telephone, e-mail, nama perusahaan, wujud usaha, nilai modal yang diperlukan, dan periode waktu pinjaman. Aplikasi pinjaman yang disodorkan akan selekasnya diolah lewat pemilihan dan analitis kelaikan usaha hingga bisa dipandang pantas tidaknya untuk memperoleh pinjaman.

Bila pemohon pinjaman dipandang mempunyai kelaikan untuk memperoleh pendanaan, karena itu Modalku akan menyepakati aplikasi yang disodorkan. Seterusnya aplikasi itu akan dijajakan ke investor lewat marketplace di basis Modalku. Jika ada investor yang tertarik lakukan permodalan pada aplikasi pinjaman yang dijajakan, karena itu pendanaan dapat selekasnya diwujudkan.

Selainnya investor dan peminjam, Modalku sediakan service relasi (mitra) atau referal. Menjadi relasi Modalku, Anda harus juga daftarkan diri dengan mengontak alamat e-mail info@modalku.co.id.

Persyaratan manfaatkan service Modalku

Sebetulnya tidak ada persyaratan khusus yang memperberat untuk investor yang ingin melakukan investasi di Modalku. Bila Anda sudah berumur 18 tahun baik WNI (Masyarakat Negara Indonesia) atau WNA (Masyarakat Negara Asing) dan mempunyai dana lebih, karena itu Anda dapat daftarkan diri sebagai investor di Modalku. Untuk menahan berlangsungnya tindak pencucian uang dalam usaha P2P Lending ini, tiap investor diharuskan untuk memberinya data diri berbentuk KTP atau paspor.

Sementara persyaratan untuk aktor UKM yang ingin ajukan pinjaman lewat

Modalku ditetapkan seperti berikut:

  • Masyarakat Negara Indonesia.
  • Berumur minimal 21 tahun atau maksimal 60 tahun.
  • Memberikan identitas dan document individu.
  • Bila ajukan sebagai tubuh usaha, karena itu harus mengikutkan validitas perusahaan.
  • Mempunyai NPWP individu atau perusahaan.
  • Memberikan neraca keuangan perusahaan yang sudah diaudit 2 masa paling akhir.
  • Memberikan rekening bank 3 bulan akhir.
  • Memberikan identitas penjamin.
  • Mempunyai omset /bulan minimal Rp 20 juta dan usaha yang sudah dilakukan sudah jalan minimal satu tahun.
  • Domisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Bandung.
  • Keamanan service Modalku

Dalam salurkan pinjaman modal, Modalku memang tidak main-main. Plafon pinjaman yang diberi maksimal capai Rp 2 miliar. Pasti bukan tanpa resiko. Meskipun begitu, Modalku mempunyai taktik untuk menahan atau minimal meminimalisir terjadinya kemungkinan resiko yang menyebabkan munculnya rugi kepada pihak investor. Penganekaragaman permodalan, implementasi mekanisme scoring, dan analitis kelaikan usaha yang ketat jadi beberapa usaha Modalku untuk tekan berlangsungnya resiko rugi.

Advertisement

Bagaimana dengan validitas Modalku? Basis ini legal secara hukum, di mana ketentuan yang diterapkan runduk pada hukum perundang-undangan yang ada.

Tidak itu saja, Modalku sudah tercatat pada Kewenangan Jasa Keuangan (OJK), hingga mekanisme operasinya dalam pemantauan pemerintahan. Pokoknya, Modalku sebagai basis P2P Lending bukan investasi bodong, tapi riel dan bisa dibuktikan sudah menolong banyak UKM dalam usaha meningkatkan usahanya. Lebih luas, Modalku ikut berperan serta dalam mempertingkat ekonomi warga Indonesia.

Maka Anda yang ingin melakukan investasi atau aktor UKM yang memerlukan modal tambahan usaha tidak perlu sangsi untuk memberikan masalah keuangan itu ke Modalku. Tidak cuman aman, pengendalian, pendistribusian, dan pengadministrasian tiap transaksi bisnis berkaitan dengan pendanaan dilaksanakan oleh Modalku secara terbuka dan professional.

 

Advertisement

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *