Sukses Tingkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di Fase Satu, FKS Foundation dan Ruangguru Foundation Kembali Buka Pelatihan dan Pembinaan Guru Fase Dua

  • Whatsapp

Setelah sukses meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di Indonesia ITF Fase satu, FKS Foundation dan Ruangguru kembali membuka pelatihan dan pembinaan guru fase dua.

FKS Foundation bersama Ruangguru Foundation kembali membuka program pelatihan dan pembinaan guru Indonesia Teaching Fellowship (ITF) FKS Fase Dua, sebagai kelanjutan dari kesuksesan program Fase pertama. ITF FKS Fase Dua adalah beasiswa pelatihan dan pembinaan guru dengan durasi satu tahun untuk meningkatkan kompetensi guru dengan pendekatan metode full online.

“Kepedulian FKS Foundation dalam membantu mewujudkan pendidikan yang lebih baik di Indonesia  menjadi fokus utama, di mana peningkatan kualitas guru sebagai pengajar sangatlah penting bagi kualitas pendidikan di negara kita. Pada Program ITF FKS Fase Satu pada tahun 2021 sebelumnya, kami berbangga atas pencapaian yang dihasilkan bersama Ruangguru, salah satunya adalah melahirkan sejumlah Guru Berdampak yang menghasilkan ide-ide inovatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah. Untuk itu, setelah melihat pencapaian program ITF FKS fase satu di 14 provinsi, maka kami meneruskan program ITF FKS ke fase kedua. Harapan kami di tahun kedua program ini, FKS Foundation dapat terus berkontribusi tidak hanya pada peningkatan kompetensi guru yang lebih baik, namun juga pemerataan akses pada pengembangan diri bagi guru di seluruh Indonesia” ungkap Andika Dwi Saputra, Corporate Social Responsibility Department Head FKS Foundation.

Baca Juga: Laporan Dampak Ruangguru di Tahun 2021

Program ITF FKS Fase Satu  berhasil meningkatkan kompetensi peserta guru sebesar lebih dari 30%. Peningkatan ini diukur dari rata-rata nilai Try Out Uji Kompetensi Guru (TO UKG) dengan peningkatan skor lebih dari 13 poin dibandingkan sebelum mengikuti program ITF FKS. Sebelum ITF FKS Fase Satu dilaksanakan, hanya 6% guru yang berhasil memperoleh nilai TO UKG di atas rata-rata Nasional. Namun, setelah program ITF FKS Fase Satu selesai diimplementasikan, 38 peserta guru berhasil memperoleh nilai TO UKG di atas rata-rata nasional.

“Kondisi di dunia yang senantiasa berubah telah mengubah peran guru. Guru tidak hanya mengajar,  tetapi juga memikul beban untuk memastikan bahwa para siswa memiliki keterampilan dan mempersiapkan mereka untuk siap menghadapi kompetensi abad 21. Pada program ITF FKS fase satu sebelumnya, kami berbangga atas pencapaian yang dihasilkan bersama Ruangguru, salah satunya adalah melahirkan sejumlah guru berdampak yang menghasilkan ide-ide inovatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah. Kami berharap, kelanjutan program ITF FKS Fase Dua  ini dapat menjadi gerbang pembuka semangat untuk memunculkan guru-guru yang berkualitas sehingga dapat mengembangkan potensi pelajar di Indonesia secara efektif dan maksimal”, ujar Real Rahadinnal, Lifelong Learning and Monitoring Evaluation Manager Ruangguru.

Baca Juga: Beasiswa Siswa Papua PT PELNI dengan Ruangguru

Peserta Program ITF FKS Fase Dua sebelumnya telah diseleksi berdasarkan kriteria  yang telah ditetapkan, yakni relevansi aktivitas mengajar, kemampuan penggunaan gawai, kemampuan penggunaan internet, motivasi intrinsik, komitmen yang tinggi, serta rencana aspirasi yang jelas dalam mengaplikasikan ilmu yang didapat. Nantinya, para guru yang lulus dari Program ITF FKS Fase Dua ini diharapkan dapat menjadi individu penggerak di wilayahnya serta menyebarluaskan pengetahuan dan pengalaman yang didapat ke komunitas dan organisasi di lingkungan pendidikan masing-masing.

Setelah melewati kegiatan onboarding, para peserta guru selanjutnya akan diberikan akses ruangbelajar bagi guru. Peserta guru dapat mengakses modul pelatihan berupa video pembelajaran, kuis, dan rangkuman. Selain itu, para peserta guru juga akan dibekali dengan kelas pengayaan virtual bersama fasilitator professional ruangguru dan mendapatkan layanan konseling.

Tentang FKS Foundation

Didirikan oleh FKS Group sebagai cerminan kepedulian perusahaan dan tanggung jawab sosial kami terhadap masyarakat dan lingkungan. Yayasan ini berfokus pada pendidikan dan kemanusiaan karena kami percaya bahwa melalui pendidikan anak-anak dapat mencapai impian mereka dan berkontribusi pada pembangunan.

Tentang Ruangguru Foundation

Berdasarkan komitmen Ruangguru dalam mendorong pertumbuhan berkelanjutan menuju masyarakat, Ruangguru Foundation didirikan pada tahun 2018 dan didedikasikan untuk mendukung peningkatan kompetensi guru dan memperluas akses pendidikan berkualitas bagi anak-anak yang kurang mampu melalui tiga pilar utama; aksesibilitas, konten berkualitas, dan kelayakan kerja. Inisiatif yang diluncurkan oleh Ruangguru Foundation telah membantu lebih dari 1 juta siswa dan guru penerima manfaat dalam empat tahun terakhir.