Startup RI Tumbuh Subur & Jadi Idola Investor, Ini Buktinya!

  • Whatsapp

Bacaan Lainnya

cocotekno.comJakarta, CNBC Indonesia– Ekonomi digital Indonesia mencatat pertumbuhan luar biasa, di mana Indonesia menempati posisi tertinggi di Asia Tenggara untuk pertumbuhan ekonomi digital selama tahun 2021. Hal ini tentunya didukung oleh pertumbuhan startup yang terbilang subur.

Vice President of Investments MDI Ventures Aldi Adrian Hartanto mengungkapkan bahwa industri startup di Indonesia mengalami pertumbuhan sejak beberapa tahun silam. Sebab pada 2013, industri ini masih terbilang kecil dengan valuasi yang hanya US$ 2 juta.

Jadi benar-benar 2013 sekecil itu industri startup. Lalu 2014 akhirnya ada company dapat funding gede, Tokopedia,” kata dia dalam acara Gala Dinner Tech Conference 2022 yang diselenggarakan CNBC Indonesia, Rabu (19/10/2022).

Bahkan Aldi mengaku saat kali pertama bekerja di industri startup, dia mendapati kesulitan untuk menjelaskan perihal industri ini ke orang lain. Sebab masyarakat Indonesia saat itu masih awam terhadap adanya industri startup.

Sampai akhirnya 2020 banyak akselerasi dan akhirnya bisa melihat pertumbuhan produk startup. Kita banyak kolaborasi dengang lobal network. Kita punya market di USA, Eropa, atau di Singapura,” ungkap dia.

Sementara itu, per 2019 saja, Indonesia menduduki posisi lima dunia dengan 2.193 startup setelah AS, India, Inggris, dan Kanada. Tak hanya unggul kuantitas, kualitas startup di Indonesia pun kian tangguh melalui kemunculan empat unicorn dengan valuasi lebih dari US$ 1 miliar dan satu decacorn dengan valuasi lebih dari US$ 10 miliar.

Sebagai informasi, valuasi pasar unicorn dan decacorn juga mendominasi dunia startup Asia Tenggara. Beberapa di antaranya Gojek dengan valuasi US$ 11 miliar, Tokopedia dengan valuasi US$ 7 miliar, Traveloka valuasi US$ 4,5 miliar, OVO valuasi US$ 2,9 miliar, dan Bukalapak dengan valuasi US$ 12 miliar.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cnbcindonesia.com. Situs https://cocotekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), https://cocotekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Pos terkait