Singgung Soal Intelijen, Irjen Fadil Imran: Laksanakan Tugas dan Kewajiban Polri

  • Whatsapp

cocotekno.com – Irjen Pol Fadil Imran memerintahkan jajaran intelijen Polda Metro Jaya untuk menjalankan fungsinya melakukan upaya preventif lebih giat.

Perintah tersebut ia utarakan kepada jajaran intelijen dalam melaksanakan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukumnya.

Bacaan Lainnya

Fadil menganalogikan polisi dan intelijen sebagai sebuah pohon yang saling menguatkan satu sama lain.

“Saya ibaratkan tugas Kepolisian ini seperti sebuah pohon dan intelijen itu menjadi akarnya,” kata Fadil di Jakarta, Sabtu.

Kapolda menjelaskan bahwa jajaran reserse sebagai batang pohon akan mendapatkan legitimasi dari publik dengan penegakan hukum.

Selanjutnya fungsi pelindung masyarakat yaitu Binmas dan Sabhara di lapangan bagaikan rindangnya sebuah pohon.

Intelijen berperan sebagai akar dengan cara mengidentifikasi sebuah potensi gangguan keamanan di lingkungan masyarakat.

Fadil menyatakan akar pohon yang kuat merupakan intelijen yang bisa melakukan fungsi antisipasi sumber masalah.

Kemudian melakukan pengamanan dengan pencegahan dari sebuah insiden yang tidak diinginkan.

“Intelijen merupakan fungsi untuk mengantisipasi, mendeteksi dan untuk mengidentifikasi ancaman yang akan datang, preventif strike akan berfungsi untuk memonitor apa yang terjadi,” kata Fadil.

kendati demikian, fungsi intelijen tak hanya berperan di awal sebuah kasus atau insiden namun mencakup keseluruhan dalam tugas pengawalan dan pengawasan.

“Intelijen bekerja diawali, diikuti dan mengakhiri. Hanya intel yang memiliki fungsi itu,” kata Fadil.

Ia meminta jajaran intelijen Polda Metro jaya bisa merebut kembali kepercayaan dan kecintaan publik terhadap institusi Polri .

Meski demikian, pelaksanaan tugas sebagai intelijen harus dengan cara yang membumi dalam menyentuh masyarakat.

“Kegiatan kita harus humanis, jika ada kelompok begal atau tawuran kita masuk ke dalam menjadi sosok yang melindungi, mengayomi dan melayani,” kata Fadil dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara.

Alumni Akabri tahun 1991 tersebut juga mengharapkan seluruh anggotanya selalu bekerja melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai polisi dengan ikhlas yang berbuah amal kebaikan dalam beribadah.

“Dengan ikhlas hati laksanakan tugas dan kewajiban Polri sehingga akan menjadi ikhtiar serta menjadi ladang ibadah bagi kita dalam mengabdi kepada masyarakat,” ucapnya.***

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website pikiran-rakyat.com. Situs https://cocotekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), https://cocotekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Pos terkait