Simak! Syarat Pengajuan KPR Untuk Rumah Baru Hingga Apartemen

  • Whatsapp

Bacaan Lainnya

cocotekno.comJakarta, CNBC Indonesia – Saat Anda ingin mengajukan permohonan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi pemohon. Silakan disimak penjelasannya

Membeli rumah merupakan sebuah keputusan besar karena melibatkan finansial dalam jumlah yang besar pula. Tentunya hal ini membuat sebagian besar orang tidak bisa memenuhinya secara tunai.

Namun Anda bisa memanfaatkan fasilitas KPR dari bank yang bisa dimanfaatkan untuk meringankan usaha memiliki rumah tersebut. Pemerintah lewat program Sejuta Rumah juga menargetkan tempat hunian dengan harga terjangkau untuk masyarakat kalangan bawah.

KPR atau Kredit Kepemilikan Rumah adalah sebuah kredit yang digunakan untuk membeli rumah atapun untuk memenuhi bentuk kebutuhan konsumtif yang lainnya dengan jaminan berupa rumah yang Anda miliki.

Jika Anda ingin membeli rumah baru atau second, rumah subsidi, hingga apartemen. KPR bisa menjadi salah satu opsi yang paling banyak dimanfaatkan untuk para pencari rumah.

Beberapa bank yang menjadi penyalur KPR diantaranya adalah Bank BTN dengan Kredit Griya Utama, BCA dengan KPR BCA, dan Bank NISP dengan KPR Merdeka. Saat ini, KPR banyak diminati dan sudah lebih dari 70% warga Indonesia yang membeli rumah dengan cara KPR.

Perlu diingat, bahwa beberapa jenis rumah mempunyai syarat KPR yang berbeda-beda. Berikut penjelasan selengkapnya.

Bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman ke bank, berikut syarat KPR secara umum yang perlu diketahui :

Tambahan Untuk Wiraswasta

Rumah subsidi adalah bagian dari program pemerintah agar masyarakat dapat membeli rumah dengan harga dan cicilan yang terbilang cukup ringan.

Rumah bersubsidi juga merupakan rumah yang mendapat kemudahan dari pemerintah yakni dibebaskan dari pajak dan cicilan dengan bunga yang sangat rendah.

Persyaratan yang dibutuhkan KPR rumah subsidi ada yang berbeda dengan rumah komersial. Namun untuk syarat kelengkapan dokumen yang diminta masih sama seperti yang disebutkan sebelumnya.

Berikut beberapa persyaratan tambahan jika Anda tertarik mengajukan KPR rumah subsidi :

Perlu diperhatikan bahwa untuk bank yang menjadi penyalur KPR subsidi tidak semua tersedia. Beberapa bank yang menjadi penyalur KPR subsidi adalah bank pemerintah atau BUMN seperti BTN, Bank Mandiri, dan BRI.

Sebenarnya, syarat KPR rumah second tidak berbeda jauh dengan syarat KPR lainnya. Perbedaannya yaitu harus memiliki Sertifikat Hak Milik (SHM) yaitu bukti atau kepemilikan penuh hak dan atau tanah yang dimiliki pemilik rumah tersebut.

Selanjutnya jika ada pembeli yang tertarik, pihak pemilik rumah harus mempersiapkan berbagai dokumen penting sebagai syarat KPR rumah. Beberapa syarat dan dokumen untuk rumah second diantaranya :

KPR Apartemen atau yang lebih dikenal dengan KPA (Kredit Pemilikan Apartemen) sedikit berbeda dengan pembelian rumah tapak. Lebih jelasnya, berikut syarat mengajukan KPA :

Jangan lupa untuk melengkapi beberapa dokumen yang dibutuhkan diantaranya :

Berikut tadi penjelasan mengenai syarat-syarat dan langkah pengajuan KPR. Dengan mengajukan KPR, Anda dapat membeli rumah baru, rumah second, rumah subsidi atau apartemen.

Jika kondisi finansial terbatas, Anda tetap bisa membeli rumah dengan mencicilnya. Terlebih cicilan KPR relatif panjang, bahkan ada yang sampai 20 tahun lebih.

Proses KPR yang relatih mudah dan cepat juga membuat Anda tidak perlu menunggu lama untuk menunggu rumah yang Anda idamkan. Termasuk adanya perlindungan dari asuransi, baik dari asuransi jiwa maupun asuransi kebakaran.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cnbcindonesia.com. Situs https://cocotekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), https://cocotekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Pos terkait