Siasat Telkom Dominasi Pasar Ekonomi Digital Indonesia

  • Whatsapp

Bacaan Lainnya

cocotekno.com – PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) punya cara sendiri untuk menggarap pasar ekonomi digital Indonesia yang begitu besar. Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah, mengatakan, ada tiga poin utama yang perusahaan lakukan, yakni digital konektivitas, digital platform, dan digital services.

Dari segi digital konektivitas, Telkom bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika serta BAKTI untuk memperluas jangkauan konektivitas, seperti broadband.

“Karena Telkom ini basic-nya telko, jadi kita tentunya baik itu dilakukan sendiri di dalam Telkom Group, bekerja sama dengan Kominfo dan BAKTI memperluas jangkauan konektivitas. Jadi broadband ini menjadi syarat utama bagi masyarakat untuk bis memanfaatkan platform digital apapun,” kata Ririek saat wawancara dengan CNBC Indonesia, dikutip Rabu (19/10/2022).

Selain konektivitas, Telkom juga menyiapkan platform digital. Di antaranya data center, Cloud, IoT (internet of things), Big Data dan sebagainya. Platform digital itu sebagian Telkom bangun sendiri, dan juga kolaborasi dengan berbagai pihak lain.

Dan yang ketiga ada digital services, seperti misalnya aplikasi. Sama seperti dua poin utama, Telkom membangunnya sendiri juga tak menutup kemungkinan berkolaborasi dengan pihak lain.

“Nah kita harapkan itu semua, maka nanti apapun katakanlah… kebutuhannya bisa kita penuhi dan terjangkau oleh masyarakat,” tuturnya.

Adapun tantangan yang masih tersisa adalah bagaimana Telkom membantu masyarakat agar perangkat seperti ponsel menjadi lebih terjangkau. “Supaya lebih banyak lagi saudara kita yang mampu untuk memiliki smartphone.” pungkasnya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cnbcindonesia.com. Situs https://cocotekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), https://cocotekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Pos terkait