Qatar Cabut Syarat Tes Covid-19 Sebelum Kedatangan Jelang Piala Dunia 2022

  • Whatsapp

cocotekno.com

KOMPAS.com – Pemerintah Qatar akan mencabut syarat tes Covid-19 sebelum kedatangan untuk pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) mulai Selasa (1/11/2022), atau beberapa hari menjelang Piala Dunia 2022 pada Minggu (20/11/2022).

Bacaan Lainnya

“Pengunjung tidak lagi wajib menunjukkan hasil negatif Covid-19 dari tes PCR atau tes rapid antigen sebelum bepergian ke Qatar,” bunyi keterangan dari Kementerian Kesehatan Qatar yang dikutip dari laman resminya, Rabu (26/10/2022).

Selain itu, individu wajib menunjukkan status kesehatan mereka melalui aplikasi Ehteraz setiap memasuki fasilitas kesehatan di Qatar.

Warga negara dan penduduk Qatar juga tidak wajib melakukan tes rapid antigen atau PCR dalam kurun waktu 24 jam setibanya di negara tersebut.

Kendati demikian, seluruh warga negara, penduduk, dan PPLN yang ada di Qatar wajib sudah divaksinasi dosis penuh, menjaga kesehatan diri, menjalani tes bila merasa mengalami gejala Covid-19, dan menerapkan gaya hidup sehat.

Kebijakan ini mengacu terhadap menurunnya kasus Covid-19 di seluruh dunia dan Qatar, program vaksinasi di Qatar, dan keputusan Dewan Menteri pada Rabu.

Dilansir dari AFP, sebelum aturan ini resmi berlaku, PPLN berusia di atas enam tahun wajib menunjukkan hasil negatif tes Covid-19 sebelum terbang ke Qatar.

Adapun sejumlah pelonggaran aturan kesehatan telah diterapkan di Qatar, salah satunya soal masker lantaran orang-orang boleh melepas masker saat berada di transportasi umum. Masker juga tidak wajib dipakai di delapan stadion untuk Piala Dunia.

Namun, Qatar akan menutup perbatasannya pada 1 November-22 Desember 2022. Dilaporkan oleh Kompas.com, Jumat (30/9/2022), negara tersebut hanya akan menerima para penonton Piala Dunia 2022 yang memiliki Hayya Card.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://cocotekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), https://cocotekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Pos terkait