Pengertian Past Continuous Tense, Rumus, Fungsi, & Contohnya | Bahasa Inggris Kelas 9

  • Whatsapp

Dalam artikel Bahasa Inggris kelas 9 ini, kita akan belajar mengenai pengertian Past Continuous Tense beserta rumus, fungsi, dan contohnya. Simak baik-baik ya!

Hi, guys! Saat kita belajar Bahasa Inggris, tenses adalah salah satu materi yang penting untuk dikuasai agar kita bisa tau cara membuat kalimat dengan benar. Nah, setelah kita sebelumnya mempelajari Present Continuous Tense, sekarang saatnya kita belajar mengenai Past Continuous Tense. Past Continuous Tense adalah salah satu tenses yang paling sering digunakan. Hmm, apa itu Past Continuous Tense?

 

Pengertian Past Continuous Tense

Sebenernya Past Continuous Tense itu hampir mirip sama Present Continuous Tense. Inget, ya, ‘Continuous’ itu nunjukkin hal sedang berlangsung. Tapi karena namanya Past Continuous Tense, berarti kejadiannya itu di masa lalu. Pokoknya, kalian harus ingat, kalau present’ itu berkaitan dengan masa sekarang, sedangkan ‘past’ itu berkaitan dengan masa lalu. Jadi, Past Continuous Tense bisa menunjukkan suatu kejadian atau aksi yang terjadi sebelum (began before), selama (was in progress during), dan bisa juga berlanjut setelah (continued after) kejadian atau aksi di masa lalu. Supaya tidak bingung, ayo kita bahas lebih lanjut!

 

Rumus Past Continuous Tense

Eits, sebelum kita bahas lebih dalam fungsi dari Past Continuous Tense, kita lihat dulu yuk rumus/formula dari tense ini. Perhatikan gambar berikut yah!

rumus past continuous tense

Namanya continuous tense, pasti polanya itu pake be + Verb-ing. Nah, karena Past Continuous Tense itu nunjukin hal di masa lalu, makanya be  yang digunakan itu harus dalam bentuk lampau juga, yaitu was dan were.

Was digunakan untuk I, He, She, It, dan Singular Subject.

Were digunakan untuk You, They, We, dan Plural Subject.

 

Fungsi Past Continuous Tense

Dalam membuat kalimat Past Continuous Tense, keterangan waktu merupakan salah satu poin penting yang harus dipenuhi. Fungsi Past Continuous Tense di antaranya, yaitu:

 

1. Untuk menyatakan sesuatu yang sedang terjadi atau dilakukan pada waktu tertentu di masa lalu.

Ini merupakan fungsi paling umum dari Past Continuous Tense, ya! Contohnya begini:

My family and I were having dinner together last night at 7 p.m.

Ini berarti, pada pukul 7 malam kemarin, aku dan keluargaku sedang makan malam bersama. Kegiatan makan malamnya ini tuh sudah dimulai sebelum pukul 7, dan mungkin masih akan berlanjut sampai setelah pukul 7 tersebut.

 

2. Untuk mengungkapkan kejadian yang sedang terjadi ketika kejadian lain mulai terjadi di masa lalu.

Bayangkan semalam kamu lagi asik-asik ngerjain PR nih di kamar kamu. Eh tapi, tiba-tiba, di tengah-tengah keseriusanmu belajar, ibu kamu mengetuk pintu kamarmu. Nah, kamu bisa tuliskan kejadian ini pake Past Continuous Tense, jadinya seperti ini:

I was doing my homework when my mom knocked on the door last night.

Contoh lagi ya.

Kemarin kamu lagi enak-enak mengendarai sepeda. Eh, tiba-tiba hujan mulai turun. Nah, bahasa Inggrisnya jadi seperti ini:

I was riding my bike when it began to rain yesterday.

Perhatiin deh dari dua contoh di atas, kejadian yang sedang berlangsung itu pakenya Past Continuous Tense (I was doing my homework; I was riding my bike). Sedangkan kejadian yang baru mulai terjadi itu pakenya Simple Past Tense (my mom knocked on the door; it began to rain). Biar kamu nggak lupa, coba sek artikel tentang Simple Past Tense ini untuk mengetahui polanya seperti apa.

 

3. Untuk mengungkapkan dua kejadian yang sedang terjadi pada waktu yang bersamaan di masa lalu.

Sekarang coba kamu bayangin, semalam pas kamu lagi ngerjain PR, di waktu yang bersamaan adik kamu malah main game. Kamau bisa tulis pake bahasa Inggris jadi seperti ini:

I was doing my homework while my brother was playing games last night.

Ini berarti, waktu kamu belajar dan adik kamu main game itu sedang berlangsung secara bersamaan.

 

Nah, itu dia tadi pembahasan tentang Past Continuous Tense. Mudah kan gengs mempelajari Past Continuous Tense? Ingat ya, keterangan waktunya jangan lupa ditambahkan dan diingat-ingat lagi rumusnya. Supaya makin jago, yuk belajar bersama guru privat bahasa Inggris terbaik di Ruangguru Privat! Kapan lagi kan, belajar bersama pengajar terbaik langsung di rumahmu? Yuk, temukan sekarang. Sampai bertemu ya!

Artikel ini telah diperbarui oleh Adya Rosyada Yonas pada 16 November 2022.