Pengertian Dan Jenis – Jenis Kabel Jaringan Lengkap, Kamu Harus Tahu!

  • Whatsapp
Pengertian Dan Jenis - Jenis Kabel Jaringan
Pengertian Dan Jenis - Jenis Kabel Jaringan

Pengertian dan Jenis – Jenis Kabel Jaringan, Harus Kamu Tahu! – Kabel-kabel yang sering kamu gunakan dikantor atau dirumah itu termasuk perangkat keras jaringan yang mempunyai fungsi sebagai penghubung dari salah satu perangkat jaringan ke perangkat lainnya. 

Jenis kabel tersebut memiliki perbedaan dan fungsi nya masing-masing, kamu jangan asal menggunakan kabel jika mau membuat jaringan komputer. Jadi kita akan membahasnya disini Pengertian dan Jenis kabel jaringan :

Bacaan Lainnya

Pengertian Kabel Jaringan

Kabel jaringan adalah salah satu perangkat keras jaringan komputer yang berupa kabel sebagai alat utama untuk melakukan transmisi sebuah paket data jaringan komputer.

Kabel jaringan ini bisa digunakan disemua jenis jaringan komputer, untuk kabel jaringan pada saat ini masih banyak dipakai tetapi ada cara lain yaitu dengan cara jaringan wireless.

Dari segi biaya untuk membuat jaringan menggunakan kabel ini jauh lebih murah dibandingkan menggunkan jaringan jenis wireless. Kabel jaringan juga lebih stabil untuk transfer data antar jaringan dan tidak akan berpengaruh dengan keadaan cuaca di sekitar.

Jenis-jenis Kabel Jaringan

Kabel Coaxial

Kabel coaxial adalah salah satu kabel yang yang digunakan untuk mentransfer sinyal elektrik yang memakai frekuensi tinggi menuju inti core tunggal. 

Pengertian dan Jenis - Jenis Kabel Jaringan
Kabel Coaxial

Kabel coaxial memiliki beberapa lapisan di dalam nya yang mempunyai fungsi berbeda untuk melindungi dari inti core nya.

    • Insulator yang berguna untuk melindungi inti core  selain itu juga mencegah terjadinya crosstalk.
    • Shield yang berguna untuk mencegah gangguan elektromagnetik yang bisa mengganggu transfer data dan berguna juga untuk mencegah kebocoran signal pada saat transfer data. Lapisan Shield ada 2 jenis yaitu :
      • Foil yang berbentuk seperti anyaman kabel
      • Jacket yang berbentuk seperti karet pelindung pada bagian paling luar kabel, yang berguna untuk melindungi kabel dari kelembaban.

Baca Juga : Software Antivirus Free Tahun 2019

Kabel Twisted Pair

Kabel Twisted Pair atau kabel lan, kabel yang sudah menggantikan jenis kabel jaringan coaxial, dan sekarang untuk kabel lan ini memiliki jenis terbaru yaitu CAT 7 yang dapat mentransfer data sampain dengan 10Gbps.

Pengertian Dan Jenis - Jenis Kabel Jaringan
Twisted Pair

Ada dua standar kabel twisted pair yang memiliki kelebihan dan sudah  ditetapkan oleh industrinya yaitu :

  •  Unshield Twisted Pair (UTP)

Unshield Twisted Pair yang artinya kabel jenis ini tidak dilengkapi shield untuk melindungi kabel dari elektromagnetik. kabel jenis jaringan ini lebih cocok untuk pemakaian pribadi dirumah, karena harganya yang cukup murah.

  • Shield Twisted Pair (STP)

Shield Twisted Pair yang artimya kabel jenis ini memiliki shield yang bisa melindungi dari gangguan elektromagnetik. Kabel jenis ini sangat cocok dipakai untuk membuat jaringan yang cukup besar seperti kantor, sekolah atau gedung, dan harga kabel lan jenis ini juga lebih mahal dari jenis UTP

Baca Juga : Cara Mengembalikan File Terhapus Di Flashdisk

Kabel Fiber Optic

Kabel fiber optic adalah jenis yang tidak menggunakan tembaga sebagai penghantarnya, digantikan dengan serat kaca tipis yang digunakan untu transfer data dalam bentuk cahaya. 

Pengertian Dan Jenis - Jenis Kabel Jaringan
kabel fiber optic

Lapisan kabel fiber optic dilapisi oleh beberapa macam lapisan :

  • Cladding adalah lapisan pertama yang berfungsi sebagai reflektor yang memantulkan cahaya di sepanjangn kabel fiber optic.
  • Buffer adalah lapisan selanjutnya yang berfungsi sebagai pelindung cladding dan inti core dari kelembapan dan kerusakan.
  • strength member adalah lapisan ketiga yang berfungsi pelindung dari inti core dan cladding  dari tekanan yang terjadi pada saat pemasangan kabel.
  • Jacket adalah lapisan terakhir yang befungsi menjadi pelindung bagian kabel dalam dari lingkungan sekitar dan juga bisa mecegah kebocoran cahaya yang keluar dari inti core.

Semoga bisa membantu kamu dalam menentukan kabel membuat jaringan internet untuk rumah atau kantor.

Jangan lupa share dan silahkan comment  jika ada kesalahan pada artikel ini, Terima Kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar