Optimasi WhatsApp, Blibli Raih Penghargaan pada Reshape Customer Experience Awards 2022

  • Whatsapp

cocotekno.com – Blibli berhasil menyabet penghargaan pada Reshape Customer Experience Awards 2022 dalam kategori Best Use of Emerging Messaging Channel. Keberhasilan Blibli itu diklaim berkat optimasinya terhadap WhatsApp untuk memberikan informasi terkini bagi konsumen guna meningkatkan loyalitas pelanggan.

Hal tersebut disampaikan Blibli kemarin di Jakarta sembari menambahkan bahwa WhatsApp dekat dengan keseharian masyarakat Indonesia. Blibli menyebutkan WhatsApp dipakai untuk komunikasi secara luas, mulai dengan dengan teman, kolega, sampai dengan penjual untuk belanja daring.

Bacaan Lainnya

Blibli menjelaskan bahwa optimasi WhatsApp yang dilakukannya tidak sekadar mengirimkan pesan kepada seluruh pelanggan, melainkan mengutamakan pesan sesuai dengan persetujuan pelanggan. Hal itu juga sejalan dengan kebijakan dari Meta terhadap penggunaan WhatsApp sebagai saluran komunikasi dengan pelanggan.

“Dalam menjaga relevansi dan pengalaman berbelanja terbaik konsumen, kami terus meningkatkan kapabilitas dan menerapkan pendekatan yang lebih tepat, lebih dekat, dan lebih familiar bagi pelanggan lewat kanal pesan singkat, seperti WhatsApp. Tak hanya untuk urusan penjualan, yang lebih penting lagi adalah memupuk kedekatan dan mendongkrak loyalitas pelanggan. Atas kerja keras tersebut, kami merasa terhormat atas penghargaan ini,” sebut Soegianto Martanto (SVP Marketing Loyalty & CRM Blibli).

“Upaya dalam meningkatkan pengalaman pelanggan ini membuat Blibli berhasil meningkatkan jumlah pelanggan setianya di dua level membership tertinggi pada periode 6 bulan terakhir. Pada pelanggan di Infinite Level, Blibli berhasil mencatatkan pertumbuhan 20%, sedangkan pelanggan di Premier Level meningkat 30%,” tambah Soegianto Martanto.

Blibli menegaskan pula bahwa baginya masa depan pengalaman pengguna/pelanggan bergantung pada personalisasi komunikasi dengan pelanggan yang hadir melalui kombinasi teknologi dan data. Kini di Indonesia platform perpesanan paling populer adalah WhatsApp dan Blibli makin fokus di situ.

Blibli mengeklaim juga telah memaksimalkan segmentasi data pelanggannya untuk menjangkau pelanggan melalui pendekatan yang sesuai dengan minat dan perilaku dari masing-masing pelanggan. Tujuannya tentu agar pelanggan mendapatkan informasi yang lebih terpersonalisasi.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website infokomputer.grid.id. Situs https://cocotekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), https://cocotekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Pos terkait