Obat Sirup dan Bahan Baku Berbahaya Diduga Berasal dari Luar Negeri, Nama 2 Kementerian Dicatut

  • Whatsapp

cocotekno.com – Nama dua kementerian dicatut terkait peredaran obat sirup dan bahan bakunya yang diduga mengandung senyawa berbahaya.

Senyawa pelarut tersebut yakni etilen glikol dan dietilen glikol .

Bacaan Lainnya

Terkait kabar tersebut, pemerintah kemudian menarik peredaran obat sirup tersebut.

Ada lima obat sirup yang peredarannya ditarik oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) karena mengandung etilen glikol yaitu Termorex Sirup, Flurin DMP Sirup, Unibeni Cough Sirup, Unibebi Demam Sirup, dan Unibebi Demam Drops.

Pemerintah mengungkapkan asal bahan baku dari obat sirup yang diduga menyebabkan gagal ginjal akut pada anak-anak.

Pada saat ini di Indonesia sedang dihebohkan dengan adanya kandungan dalam obat sirup yang disebut-sebut menyebabkan gagal ginjal akut pada anak-anak.

Hebohnya gagal ginjal akut yang menyerang anak-anak berawal dari kasus di Gambia, Afrika.

Dari kasus tersebut, pemerintah setempat menarik peredaran obat sirup yang diketahui mengandung etilen glikol dan dietilen glikol .

Obat sirup yang mengandung etilen glikol dan dietilen glikol di Gambia dilaporkan berasal dari India.

Terkait asal bahan baku dari etilen glikol dan dietilen glikol , Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy mengungkapkan jika senyawa tersebut tidak berasal dari Indonesia.

Selain itu, Muhadjir Effendy juga mencatut dua nama kementerian yakni Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian.

“Pak Menteri Kesehatan sudah lapor ke saya tapi belum semua, kafrena saya harus mengundang Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian. Terutama kemungkinan ini bahan bakunya impor, bahkan mungkin obatnya itu sendiri impor,” kata Muhadjir Effendy dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara.***

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website pikiran-rakyat.com. Situs https://cocotekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), https://cocotekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Pos terkait