Microsoft Akui Penjualan Xbox One Jauh di Bawah PlayStation 4

  • Whatsapp

cocotekno.com – Sejak 2015 lalu, Microsoft tak pernah menguak angka penjualan konsol game bikinannya. Menurut mereka, hal tersebut bukan merupakan patokan bagi kesuksesan sebuah bisnis.

Namun, angka penjualan salah satu konsol game mereka, yaitu Xbox One kini terkuak ke publik.

Bacaan Lainnya

Hal ini mencuat dalam sebuah dokumen pengadilan Microsoft yang saat ini tengah menjalankan proses hukum di Brasil atas pembelian Activision Blizzard.

Dalam dokumen itu, Microsoft mengakui bahwa konsol game mereka di generasi sebelumnya, yaitu Xbox One “hanya” terjual separuh dari total penjualan konsol game Sony di generasi yang sama, yaitu PS4.

“Sony telah melampaui Microsoft dalam hal penjualan unit konsol. Sebab, mereka berhasil menjual dua kali lipat lebih banyak unit dari penjualan konsol Xbox One,” sebut Microsoft, dikutip KompasTekno dari GameLuster, Kamis (18/8/2022).

Sony sebelumnya mengeklaim bahwa mereka berhasil menjual sekitar 117,2 juta unit PS4 selama masa hidup konsol game tersebut.

Artinya, Xbox One, apabila mengacu pada pernyataan Microsoft tadi, berhasil terjual sekitar 58,5 juta unit sepanjang ketersediaannya di pasaran.

Angka ini sejalan dengan prediksi para analis, yang mengeklaim bahwa penjualan Xbox One berada di angka 50 juta unit.

Dengan kata lain, Microsoft kalah telak dari Sony untuk soal penjualan konsol game mereka di generasi yang lalu.

Saat ini, Microsoft tampaknya ingin mengembalikan keadaan dengan merayu pemain untuk beralih ke konsol game terbaru mereka, Xbox Series X/S.

Salah satu strateginya adalah dengan mengakuisisi sejumlah perusahaan game, seperti Activision Blizzard dan Bethesda, hingga meningkatkan benefit di layanan berbayar Xbox Game Pass.

Berdasarkan data VGChartz per Juli 2022 lalu, konsol Xbox Series X kini berhasil terjual di angka sekitar 14 juta unit sejak peluncurannya 2020 lalu.

Performa penjualan konsol game terbaru Microsoft itu belum mampu melampaui penjualan konsol game terbaru Sony, PS5 yang memiliki kisaran penjualan 20 juta unit sejak peluncurannya 2020 lalu.

Lantas, akankah penjualan Xbox Series X bisa melampaui PS5? Hanya waktu yang bisa menjawabnya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs https://cocotekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), https://cocotekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Pos terkait