Mengenal Sumber Daya Alam, Sifat, Contoh & Manfaatnya | IPS Terpadu Kelas 5

  • Whatsapp

Lulu menjelaskan mengenai sumber daya alam kepada Bona. Ada apa saja ya sumber daya alam itu? Yuk, kita simak bersama di artikel IPS Terpadu Kelas 5.

Lulu dan Bona baru saja selesai melawan musuh masuk ke markas. Mereka yang kelelahan dan kepanasan lalu duduk sambil minum air mineral yang Lulu bawa.

“Aduh, di luar panas banget ya, Bon,” ujar Lulu.

“Iya, Lu. Di sini lebih dingin karena pakai AC, ya,” balas Bona.

“Untung ada listrik dan air, jadi kita gak kepanasan dan kehausan. Aku gak kebayang kalau gak ada sumber daya alam di bumi ini.”

“Aku agak lupa deh, sumber daya alam itu kekayaan alam, ya?”

“Iya, Bon. Sumber daya alam itu segala macam kekayaan yang ada di alam dan dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan hidup manusia.”

“Oh iya, yang sifatnya terbagi jadi tiga, kan?”

“Iya, kamu inget apa aja sifatnya, Bon?”

Baca Juga: Jenis-Jenis Sumber Daya Alam, Potensi dan Persebarannya

Bona menganggukan kepala. “Ada SDA kekal atau yang tidak akan pernah habis, SDA yang dapat diperbarui, dan SDA yang tidak dapat diperbarui.”

Definisi Sumber Daya Alam dan Sifatnya

 

Bener! Sesuai dengan definisi dan sifatnya, setiap SDA itu memiliki manfaat yang dapat digunakan oleh manusia,” jelas Lulu.

“Memangnya, manfaat sumber daya alam apa saja, Lu?”

“Aku jelasin dari SDA kekal, ya. SDA kekal ini bisa dimanfaatkan secara terus-menerus tanpa takut habis. Salah satu contohnya adalah sinar matahari, yang bermanfaat sebagai sumber tenaga untuk pembakit listrik tenaga surya.”

“Terus, manfaat dari SDA yang dapat diperbarui apa?” 

SDA yang dapat diperbarui itu dapat dipulihkan kembali dalam waktu cepat apabila jumlahnya menurun, contohnya hewan ternak. Kita dapat memanfaatkan hewan ternak dengan cara membudidayakan hasil ternak agar dapat dikonsumsi dan diproduksi oleh manusia menjadi hal yang bermanfaat.”

“Oh, kayak pemanfaatan telur ayam sebagai bahan pangan dan bulu ayam sebagai alat pembersih rumah tangga, ya?” tanya Bona.

“Iya, bener!”

“Kalau sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui bagaimana?”

“SDA yang tidak dapat diperbarui itu dapat habis jika digunakan terus menerus, karena membutuhkan waktu yang lama untuk dipulihkan. Salah satu contohnya adalah minyak bumi, yang dipakai untuk sumber tenaga pembangkit listrik,” jelas Lulu.

“Ada contoh lainnya gak, Lu?” 

Lulu menganggukkan kepala. “Ada, dong. Lihat, deh!”

Contoh dan Manfaat Sumber Daya Alam

 

“Wah, ternyata ada banyak, ya. Sekarang, aku jadi lebih paham tentang sumber daya alam beserta contoh dan manfaatnya.”

“Iya, kita harus bersyukur dan memakai sumber daya alam dengan baik, ya!” ucap Lulu.

Itu dia kisah Bona dan Lulu mempelajari tentang sumber daya alam. Kalau mau lihat lebih banyak lagi materi dan cerita seru lainnya, kalian bisa download aplikasi ruangguru dan mulai berlangganan ruangbelajar. Yuk, belajar bersama Bona, Lulu, dan teman-temannya!

Materi oleh: Panjie Brahmantio

Disunting oleh: Agung Aksara