LinkAja Error Hari Ini, Pengguna Komplain Tidak Bisa Beli Tiket KRL

  • Whatsapp

cocotekno.com – Layanan keuangan digital LinkAja dikeluhkan mengalami gangguan alias error pada hari ini, Jumat (26/8/2022).

Gangguan ini membuat aplikasi LinkAja tidak bisa diakses. Akibatnya, pengguna KRL yang biasa mengandalkan aplikasi LinkAja untuk membeli tiket KRL ikut mengeluhkan tak bisa membeli tiket.

Bacaan Lainnya

Pantauan KompasTekno, aplikai LinkAja error itu mulai terjadi pada Jumat siang sekitar pukul 11.30 WIB. Namun, sejumlah pengguna LinkAja di Twitter melaporkan bahwa aplikasi sudah error sejak pagi hari.

Update: Pantauan KompasTekno, layanan LinkAja sudah kembali normal pada 18.45 WIB.

Ketika dibuka, aplikasi LinkAja error karena hanya tidak bisa diakses dan hanya menampilkan informasi berbunyi “Yah, Lagi Ada Gangguan. Tenang, ini bukan salah kamu kok. Klik ‘Muat Ulang; untuk coba masuk ke aplikasi lagi, ya!”.

Namun saat diklik “Muat Ulang”, tampilan LinkAja masih menunjukkan pesan yang sama. Gangguan aplikasi LinkAja ini masih berlanjut hingga Jumat Sore sekitar pukul 16.00 WIB.

Pengguna KRL tak bisa beli tiket

Sejumlah pengguna aplikasi LinkAja ramai-ramai menyampaikan keluhan LinkAja error melalui Twitter. Mereka mengeluh sambil me-mention akun Twitter resmi @LinkAja.

Kebanyakan pengguna mengeluhkan tidak bisa naik KRL karena mereka tidak bisa membeli tiket KRL melalui LinkAja. Ada pula pengguna yang mengaku tidak bisa pulang karena LinkAja error.

Seperti akun dengan handle @ynjaesoo_ yang mengatakan ia tidak bisa pulang karena kesulitan membeli tiket kereta.

Hal senada diutarakan oleh handle @ameliyours. Ia juga mengeluhkan tidak bisa membeli tiket kereta.

Gangguan ini tampaknya tak hanya terjadi di wilayah Jakarta dan sekitarnya, di wilayah lain seperti Yogyakarta.

Akun @inimeifang mengeluhkan bahwa ia tidak bisa pulang dari stasiun Tugu Yogyakarta ke Solo karena aplikasi LinkAja error hari ini.

Karena masih error, pengguna KRL yang biasanya menggunakan LinkAja juga akhirnya ada yang memutuskan untuk membeli Kartu Multi Trip (KMT), kartu uang elektronik yang diterbitkan oleh PT Kereta Commuter Indonesia.

Sejumlah pengguna lain juga mengeluhkan aplikasi LinkAja error membuat mereka gagal melakukan transaksi, termasuk saat ingiin membeli bensin dengan aplikasi MyPertamina.

LinkAja tangani masalah

LinkAja menegaskan pihaknya sudah mengetahui adanya kondisi kendala teknis pada jaringan yang menyebabkan fitur dan layanan di aplikasi LinkAja tidak dapat digunakan. LinkAja mengatakan bahwa pihaknya saat ini tengah melakukan penanganan.

“Kami sudah dan akan terus memberikan update informasi secara berkala melalui kanal komunikasi resmi perusahaan,” ungkap Reka Sadewo, VP Corporate Secretary LinkAja, kepada KompasTekno, Jumat (26/8/2022).

Melalui media sosial, LinkAja sudah mengetahui adanya gangguan di aplikasinya. Dengan membalas sebuah twit keluhan dari pengguna, LinkAja mengumumkan bahwa aplikasinya sedang dalam proses peningkatan layanan pada Jumat siang sekitar pukul 11.41 WIB.

LinkAja memohon maaf atas ketidaknyaman pengguna akibat gangguan ini. Kemudian meminta pengguna untuk mencoba membuka aplikasi LinkAja secara berkala.

Di samping membalas twit keluhan pengguna, pantauan KompasTekno, LinkAja juga mengirimkan notifikasi gangguan ke sejumlah pelanggannya.

Salah satu tim KompasTekno mendapatkan email pelanggan bertajuk “Info Dampak Kendala Jaringan LinkAja” dari alamat [email protected] pada Jumat pukul 14.54 WIB.

Di dalam email tersebut, LinkAja error hari ini disebabkan karena adanya kendala teknis.

Berikut isi lengkap notifikasi gangguan LinkAja:

“Sobat LinkAja, saat ini sedang terjadi kendala teknis pada jaringan sehingga fitur dan layanan di aplikasi LinkAja tidak dapat digunakan.

Kami akan menginformasikan saat aplikasi kembali normal, melalui media sosial dan website resmi LinkAja.”

Di akhir email ada menu “Cek info selengkapnya” yang mengarahkan pengguna sebuah posting di https://cocotekno.com LinkAja.id di tautan berikut ini.

Informasi terbaru di email pelanggan itu juga sudah disiarkan dalam sebuah twit terbaru akun Twitter LinkAja.

Sobat LinkAja, saat ini sedang terjadi kendala teknis pada jaringan yang menyebabkan aplikasi LinkAja tidak dapat digunakan.Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Kami akan menginfokan saat aplikasi kembali normal melalui media sosial & https://cocotekno.com resmi LinkAja pic.twitter.com/qGK3qdlunE

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs https://cocotekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), https://cocotekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Pos terkait