Langkah Trading Bitcoin yang Legal di Indonesia

  • Whatsapp

Pemerintahan lewat Tubuh Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) dengan cara resmi meluluskan perdagangan mata uang digital atau cryptocurrency di bursa berjangka. Bappebti sudah mengaku beberapa ratus mata uang digital terhitung Bitcoin. Maknanya, trading Bitcoin sah dibolehkan di Indonesia.
Hal pemberian izin Bappebti berkaitan kegiatan mata uang digital tercatat dalam Ketentuan Tubuh Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Nomor 7 mengenai Daftar Asset Kripto yang Bisa Diperjualbelikan. Ketentuan itu berlaku semenjak 17 Desember 2020.

Warga sekarang dapat lakukan trading Bitcoin dengan cara resmi. Berikut langkah trading Bitcoin yang legal di Indonesia.

Bacaan Lainnya

1. Tentukan Bitcoin Exchange

Untuk lakukan proses pembelian dan pemasaran Bitcoin, Anda harus memakai bursa cryptocurrency atau jasa transisi yang juga dikenal dengan Bitcoin Exchange.

Bitcoin Exchange sebagai tempat yang menghadapkan langsung penjual dan konsumen Bitcoin. Pilih perusahaan Bitcoin Exchange tempat Anda trading Bitcoin. Ada 13 perusahaan Bitcoin Exchange yang dianggap Bappebti yang dapat Anda tentukan untuk trading Bitcoin.

2. Persiapkan dompet khusus Bitcoin

Proses seterusnya sesudah pilih Bitcoin Exchange ialah mempersiapkan dompet khusus Bitcoin atau dompet digital untuk simpan Bitcoin yang sudah Anda membeli. Pilih dompet digital yang mempunyai keamanan yang terbaik supaya uang Anda selalu terlindungi khususnya dari peretasan.

Ada beberapa wujud dompet digital yang dapat dipakai.

Dompet Digital Desktop

Sama sesuai namanya, dompet ini sebagai software yang dapat didownload dan pasang di computer atau netbook.

Dompet Digital Mobile

Dompet digital ini bisa dipakai di handphone. Pada dompet type mobile, pemakai bisa lakukan transaksi bisnis lewat penyekenan QR Kode atau NFC.

Dompet Digital Situs

Dompet type ini lebih fleksibel karena bisa dijangkau dari browser atau handphone. Salah satu kekurangan dompet ini ialah keamanannya. Pasalnya kunci dompet digital Anda dibikin secara online.

Dompet Digital Hardware

Dompet Hardware disebutkan sebagai dompet fisik tetapi bukan dompet fisik secara umum. Dompet ini seperti Flash Disk. Dompet tipe ini di-claim sebagai dompet digital paling aman. Tahan pada virus dan usaha penjebolan. Anda harus mengambil kantong dalam-dalam untuk memiliki, harga dompet tipe ini sekitar di antara US$100 – 200.

3. Register

Saat sebelum mengawali trading, Anda wajib melakukan register lebih dulu pada Bitcoin Exchange. Proses register mencakup pengisian biodata diri. Sesudah isi data, baca dengan cermat peraturan privacy dan kesepakatan yang dibikin oleh perusahaan.

Sesudah register Anda akan disuruh untuk lakukan klarifikasi data yang mempunyai tujuan untuk menahan praktek pencucian uang. Sesudah bisa lolos klarifikasi, Anda bisa lakukan transaksi bisnis pembelian Bitcoin. Tentukan mekanisme pembayaran yang termudah dan nyaman untuk Anda.

Sesudah transaksi bisnis sukses, Anda bisa simpan uang digital itu di dompet khusus Bitcoin. Itu langkah trading Bitcoin yang legal di Indonesia.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *