Langkah Dan Panduan Yang Efisien Dalam Trading Emas

Investasi emas memang mempunyai daya tarik yang lumayan tinggi, karena logam mulia ini sebagai salah satunya wujud investasi yang likuid dan tidak gampang terkikis inflasi. Baik itu investasi secara fisik, yakni beli emas batangan, atau investasi emas online yakni trading emas yang umum dilambangkan dengan XAUUSD.

Dengan trading emas, seorang investor dapat memperoleh keuntungan dari nilai yang menempel pada emas tanpa perlu mempunyai emas secara fisik. Tentu saja keuntungan itu dapat semakin besar dan cepat dicapai dibanding investasi emas fisik. Hal tersebut dilandasi karena fluktuasi harga emas yang lumayan tinggi itu dikuasai oleh 3 aspek terpenting ini :

Bacaan Lainnya

1. Dollar Amerika

Dari dahulu, emas dan dolar Amerika mempunyai korelasi yang kuat. Ingat harga emas dunia diperjualbelikan dalam mata uang dolar AS. Bila harga dolar Amerika kuat, karena itu harga emas akan condong untuk turun dan kebalikannya.

2. Asset Safe Haven

Emas sebagai asset safe haven, yakni asset yang harga tidak dipengaruhi dengan keadaan pasar keuangan yang alami kerusuhan, jadi saat terjadi kerusuhan pada politik dan ekonomi dunia yang berpengaruh pada pasar keuangan investor banyak mengubah dananya untuk investasi emas.

3. Suplai dan Permintaan

Kilaunya yang tak pernah sirna membuat emas sampai saat ini lebih banyak keinginan (Permintaan) meskipun semakin hari semakin tipis stoknya (Suplai). Keinginan itu bukan hanya untuk perhiasan, tapi dari bidang manufacturing seperti pabrik electronic dan kesehatan juga turut naik.

Tetapi nanti dulu, saat sebelum memikirkan besarnya dan tingginya likuiditas pada XAUUSD, Anda harus juga tahu jika semua investasi memiliki konsep High Risk High Return, ini berlaku pada emas, yang memiliki arti bila Anda dapat memperoleh untung yang tinggi, Anda akan alami resiko kerugiannya lumayan tinggi . Maka, meskipun kilau emas benar-benar memikat, logam mulia itu bisa juga menjerat Anda dalam kegarangan gerakan harga, hingga sering investor alami rugi.

Bagaimana Langkah Trading Emas Yang Aman Dan Efisien ?
Taktik trading emas dalam 5 menit menjadi opsi untuk Anda. Ada 2 taktik yakni breakout dengan trendline dan breakout dengan price pattern. Bagaimana beberapa cara aplikasinya?

Trading periode pendek memang menjadi opsi untuk beberapa trader yang ingin mengantongi keuntungan dalam sekejap. Jika Anda terhitung type trader agresif yang pas dengan watak trading periode pendek, karena itu Anda dapat menimbang pemakaian taktik trading emas 5 menit.

Taktik ini terbaik diaplikasikan untuk trading emas, atau XAU/USD. Mengapa begitu ? Umumnya, beberapa trader periode pendek banyak lakukan open status tidak cuma di satu pair exchange untuk mengoptimalkan kesempatan keuntungan. Tetapi, kelemahan pada sistem ini ialah lamanya waktu yang diperlukan untuk analisis pair per pair, dan pencapaian pip yang tetap tidak berapa bila dibanding dengan trading emas. Sebagai perbedaan, gerakan harga emas setiap harinya ialah sekitaran 900 sampai 1500 pip, sementara kisaran harian EUR/USD tidaklah sampai 150 pip. Karenanya, pair XAU/USD diputuskan untuk mengirit waktu dan menyingkat analisis, sekalian masih tetap memungkinkannya Anda untuk menyuap keuntungan besar.

Ada 2 sistem teknikal yang dapat diaplikasikan dalam trading emas ini, yakni taktik breakout trendline dan breakout price pattern. Kekeduanya sama diterapkan di time frame 5 menit. Di sini, kita akan mengulas berkenaan bagaimana manfaatkan breakout dalam taktik trading emas 5 menit.

Taktik Breakout Dengan Trendline

Sistem trading emas dengan manfaatkan breakout harga banyak dicari dan dipakai oleh mayoritas trader karena bisa memberinya keuntungan optimal dari keadaan harga yang viral. Salah satunya alat tolong analisis yang dapat digunakan dalam taktik ini ialah trendline. Trendline bukan hanya gampang dipakai, tetapi juga cukup efisien dalam memberinya signal trading emas. Garis trend yang tercipta pada chart dapat digunakan sebagai dukungan dan resistance, yang berperanan sebagai tingkat pemisah untuk mensinyalkan breakout saat harga tembus trendline.

Dalam taktik trading emas 5 menit ini, Anda tidak disarankan untuk mengaplikasikan trendline saja, tetapi juga memakai price action untuk verifikasi signal entry. Berikut beberapa tahap mengaplikasikan taktik trading emas dengan trendline.

1. Menggambar Trendline

Anda dapat tentukan beberapa titik swing high dan low dengan kontribusi MACD. Samakan titik swing high pada chart dengan pucuk (hebat) MACD, sementara untuk swing low dapat Anda sejajarkan dengan bentukan lembah (bottom) di MACD. Tidak ada seting khusus untuk MACD, karenanya penataan standar-pun langkah ini bisa juga bekerja yang baik.

2. Cari titik entry

Sesudah memutuskan trendline, Anda tinggal menanti break harga dari garis trend itu. Tetapi nanti dulu, lihat bagaimana wujud candle saat harga tembus trendline. Makin besar candle yang tercipta, karena itu makin besar kesempatan keuntungan Anda.

Anda dapat buka order “buy” saat harga breakout dari trendline atas yang bertindak selaku resistance. Status itu terverifikasi oleh ada candle besar yang tercipta di tempat breakout.

3. Tentukan titik keluar

Sesudah mendapat status entry yang prospektif dengan signal breakout dari trendline dan wujud candle, saat ini Anda tinggal cari titik setop loss dan take keuntungan sebagai status keluar.

Taktik Breakout Dengan Price Pattern
Untuk dapat mendapati kesempatan dari taktik breakout, Anda bisa juga manfaatkan price pattern atau skema harga yang tercipta di chart. Dalam konsep trading dengan price pattern, skema segitiga sebagai salah satunya pertanda breakout yang cukup tepat dan dapat dihandalkan. Harga sebetulnya sedang berkonsolidasi saat membuat skema ini, yang umumnya diikuti dengan pengurangan high harga, low, atau bahkan juga ke-2 nya.

Bila yang kelihatan makin melorot ialah high harga saja, karena itu skema yang tercipta ialah segitiga turun (descending triangle). Keadaan ini menggambarkan kemampuan buyer yang semakin menurun ketika seller sukses menjaga tempatnya, hingga jadi tanda-tanda kuat breakout harga ke bawah.
Skema ascending triangle ialah kontradiksi dari segitiga turun, dan diikuti dengan low harga yang makin terangkut ke atas, sementara high condong konstan. Keadaan ini sebagai wakil kemampuan seller yang semakin menurun pada buyer, hingga dipandang jadi pertanda breakout ke atas.
Panduan Trading Emas 5 Menit
Secara teknikal, taktik di atas cukup janjikan untuk diaplikasikan. Tetapi, ada dua hal yang penting jadi perhatian saat sebelum mempraktikkan taktik trading emas 5 menit secara real :

Langkah trading emas periode pendek bisa datangkan hasil dalam sekejap, tetapi kerap disebutkan berefek tinggi. Menganalisis gerakan harga secara dalam dan cari peristiwa entry yang pas memang lebih susah dilaksanakan dalam periode pendek. Oleh karenanya, janganlah lekas memakai taktik ini di account real. Ujilah dahulu efektifitasnya di account demonstrasi.

Jika Anda telah lakukan tes taktik dan merencanakan memakainya untuk trading emas secara real, yakinkan jika Anda akan mengaplikasikan beberapa aturan taktik secara stabil. Ini dilaksanakan untuk kurangi dampak psikis yang bakal semakin terasa jika Anda trading emas dalam periode pendek.Type trading emas ini tergantung pada tingginya volatilitas, hingga saat pasar sedang tenang dapat memerlukan waktu lebih dari 5 menit untuk capai sasaran keuntungan.Breakout kuat dapat didukung oleh sentimen pasar yang dilakukan oleh launching esensial berpengaruh tinggi. Oleh karenanya, tidak boleh meremehkan elemen esensial bila Anda mencari kesempatan breakout. Walau taktik trading emas ini lebih merujuk pada sistem teknikal, seharusnya pikirkan beberapa faktor esensial yang mempunyai potensi gerakkan XAU/USD.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *