Konsep Struktur Lewis dalam Ikatan Kovalen & Cara Menggambarnya | Kimia Kelas 10

  • Whatsapp

Yuk, cari tahu tentang konsep struktur lewis dalam ikatan kovalen, beserta cara menggambarnya! Baca artikel ini sampai selesai, ya!

Hai, teman-teman! Kamu tahu nggak sih, kalau ikatan kovalen itu merupakan salah satu ikatan kimia yang terjadi akibat penggunaan pasangan elektron bersama, di mana hanya bisa dilihat dengan konsep struktur Lewis? Jadi, ada beberapa atom yang sukar melepas atau menerima elektron karena memerlukan atau membebaskan energi yang besar untuk berlangsungnya proses tersebut. Nah, untuk membentuk konfigurasi elektron gas mulia, atom-atom ini saling berikatan melalui pemakaian pasangan elektron bersama.

Pemakaian pasangan elektron bersama terjadi pada atom-atom nonlogam. Ikatan antaratom nonlogam yang terjadi melalui pemakaian pasangan elektron bersama disebut ikatan kovalen. Untuk bisa melihat bagaimana ikatan kovalen terjadi kita harus memahami terlebih dahulu konsep dari struktur Lewis. Oke, kita pahami secara seksama, yuk!

 

Pengertian Struktur Lewis

Struktur Lewis adalah penggambaran distribusi elektron dalam suatu struktur molekul dengan menggunakan tanda elektron. Tanda elektron yang digunakan, biasanya berupa tanda titik (.) dan tanda silang (x).

Nah, sekarang coba deh, perhatikan contoh pembentukan ikatan kovalen tunggal pada senyawa CH4 berikut ini. Konfigurasi elektron atom 6C: 2, 4. Jadi, atom C memiliki 4 elektron valensi. Pada pembentukan CH4, elektron dari H berpasangan dengan elektron dari atom C. Dalam atom C terdapat empat elektron yang tidak berpasangan sehingga untuk memenuhi kaidah oktet diperlukan empat atom H.

elektron valensi

Sehingga, struktur Lewis C dan H menjadi seperti berikut:

ch4

Pada setiap atom H yang dilingkari, terdapat dua elektron (duplet) dan pada atom C yang dilingkari terdapat delapan elektron (oktet). Tanda titik (.) dan tanda silang (x) hanya notasi yang digunakan untuk membedakan elektron yang berasal dari atom C dengan elektron yang berasal dari atom H. Perhatikan pula bahwa pasangan elektron yang digunakan bersama dapat ditandai dengan garis, seperti gambar berikut:

ch4 garis

Struktur Lewis CH4 menggunakan garis

Ikatan kovalen yang terbentuk pada senyawa CH4, dinamakan ikatan kovalen tunggal. Agar lebih memahami pembentukan ikatan kovalen tunggal, yuk pelajari ulasan berikut ini!

 

Cara Menggambar Struktur Lewis

Untuk menggambar struktur lewis, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

 

1. Tentukan jumlah elektron valensi dan titik elektron

Misalnya, kita mau menggambar struktur lewis CH4, maka tentukan dulu jumlah elektron valensi dan titik elektron dari masing-masing penyusun molekul CH4, yakni atom karbon (C) dan atom hidrogen (H). Atom C mempunyai empat elektron valensi, sementara atom H mempunyai satu elektron valensi. Setelah tahu jumlah elektron valensinya, kemudian, gambarkan masing-masing titik elektronnya.

langkah pertama cara menggambar struktur lewis

 

2. Tentukan atom pusat

Cara menentukan atom pusat adalah dengan mencari atom yang jumlahnya paling sedikit dalam molekul tersebut. Molekul yang mau kita gambar struktur lewisnya adalah CH4, berarti ada satu atom karbon dan empat atom hidrogen. Berarti atom pusatnya adalah atom karbon alias atom C yang jumlahnya paling sedikit. Kemudian, gambarkan satu atom C di tengah dan empat atom H mengelilingi atom C.

 

3. Periksa kembali apakah sudah memenuhi kaidah oktet/duplet atau belum

Setelah menggambar satu atom C di tengah dengan dikelilingi empat atom H, lalu lihat dan periksa apakah sudah memenuhi kaidah oktet/duplet atau belum. Dikatakan memenuhi kaidah oktet apabila atom tersebut sudah memiliki delapan elektron. Sementara itu, dikatakan memenuhi kaidah duplet apabila atom tersebut sudah memiliki dua elektron. Karena atom C telah memiliki delapan elektron dan keempat atom H telah memiliki masing-masing dua elektron, maka gambar kita sudah memenuhi baik kaidah oktet maupun duplet. Kalau sudah begini, tandanya gambar kita sudah benar, guys! Selesai, deh!

langkah ketiga cara menggambar struktur lewis

 

Contoh Struktur Lewis

Berikut adalah beberapa contoh struktur Lewis molekul beserta gambarnya:

 

1. Struktur Lewis Molekul NH3

Atom 7N memiliki konfigurasi elektron sebagai berikut 7N: 2, 5. Jadi,atom N memiliki elektron valensi dengan distribusi sebagai berikut.

atom n

Struktur Lewis N

Atom 7N memiliki tiga elektron valensi tidak berpasangan sehingga untuk memenuhi kaidah oktet diperlukan tiga elektron dari atom H.

nh3-1

Struktur Lewis NH3

Dalam molekul NH3terdapat sepasang elektron yang tidak digunakan (elektron bebas) sehingga disebut Pasangan Elektron Bebas (PEB). Tiga pasang elektron yang digunakan bersama oleh atom N dan atom H disebut Pasangan Elektron Ikatan (PEI).

 

2. Struktur Lewis Molekul H2O

Atom 8O memiliki konfigurasi elektron 8O:2, 6. Jadi, atom O memiliki elektron valensi 6 dengan distribusi sebagai berikut.

atom oo

Struktur Lewis O

Pada atom O terdapat dua elektron tidak berpasangan sehingga diperlukan dua elektron lain untuk memenuhi kaidah oktet.

konsep struktur lewis H2O

Struktur Lewis H2O

Dalam H2O terdapat dua PEB dan dua PEI. Lalu, bagaimana struktur lewis molekul yang terbentuk dari atom sejenis, seperti Cl2?

 

3. Struktur Lewis Molekul Cl2

Atom Cl memiliki satu elektron yang tidak berpasangan sehingga pada pembentukan molekul Cl2, elektron-elektron ini akan saling melengkapi untuk memenuhi kaidah oktet.

cl2

Struktur Lewis Cl2

Pada setiap atom Cl yang dilingkari terdapat delapan elektron (memenuhi kaidah oktet).

Itu tadi pembahasan tentang konsep struktur lewis dalam ikatan kovalen. Masih kurang paham? Lanjut belajar bersama guru privat di Ruangguru Privat, yuk! Klik banner di bawah ini dan temukan guru favorit kamu sekarang!

Sumber Gambar:

Gambar ‘Struktur Lewis CH4’, [Daring]. Tautan: (Diakses: 26 Oktober 2022)

Gambar ‘Struktur Lewis CH4 Garis’, [Daring]. Tautan: (Diakses: 26 Oktober 2022)

Gambar ‘Struktur Lewis N’, [Daring]. Tautan: (Diakses: 26 Oktober 2022)

Gambar ‘Struktur Lewis NH3’, [Daring]. Tautan: (Diakses: 26 Oktober 2022)

Gambar ‘Struktur Lewis O’, [Daring]. Tautan: (Diakses: 26 Oktober 2022)

Gambar ‘Struktur Lewis Cl2’, [Daring]. Tautan: (Diakses: 26 Oktober 2022)

Artikel ini telah diperbarui pada 26 Oktober 2022.