Ketika Boom Esports Lolos Dramatis dan Bikin Kejutan di Dota 2 The International 2022

  • Whatsapp

cocotekno.com – Boom Esports menjadi satu-satunya tim Dota 2 asal Indonesia yang berkompetisi di turnamen bergengsi di dunia, The International (TI) 2022.

Tim yang dirintis oleh Gary Ongko Putera ini juga merupakan tim Indonesia pertama yang berkompetisi di The International 2022 sejak digelar pertama kali pada 2011 lalu.

Bacaan Lainnya

Apabila dibandingkan dengan tim-tim yang berpartisipasi di The International 2022, Boom Esports mungkin merupakan tim “kecil” atau “kuda hitam” yang mungkin dipandang sebelah mata.

Terlebih, Boom Esports juga bisa dibilang berada di grup “neraka” yaitu Group A. Sebab, tim e-sports ini harus satu grup dengan tim-tim besar yang pernah menjuarai ajang The International.

Beberapa di antaranya seperti Evil Geniuses (2015), Team Liquid (2017), hingga OG (2018 dan 2019). Ada pula PSG.LGD, tim e-sports yang tak kalah populer di kalangan penggemar Dota 2, lantaran jarang absen di The International 2022.

Kehadiran tim-tim besar di Group A mungkin saja membuat mental para pemain Boom Esports goyah, dan hal ini terbukti lantaran tim ini tampak terseok-seok di babak Group Stage Dota 2 The International 2022.

Seri dan kalah berkali-kali

Babak Group Stage ajang The International 2022 digelar selama empat hari pada 15-18 Oktober 2022 lalu. Pada hari pertama, Boom Esports belum mampu memberikan permainan yang cukup baik.

Sebab, mereka hanya bisa mendapatkan skor seri melawan Hokori (1-1), serta harus kalah total (0-2) melawan OG dan Royal Never Give Up.

Pada hari kedua, performa Boom Esports tidak seburuk hari pertama, lantaran mereka mendapatkan skor seri (1-1) dari Gaimin Gladiators dan BetBoom Team.

Mental tim yang digawangi Saieful “Fbz” Ilham ini tampaknya kembali anjlok pada hari ketiga babak Group Stage The International 2022. Mereka kalah telak dari Team Liquid, PSG.LGD, dan Soniqs dengan skor sempurna 2-0.

Bangkit di hari terakhir Group Stage

Pertandingan seri dan kekalahan berkali-kali yang didapatkan Boom Esports mungkin membuat penggemar Dota 2 di Indonesia sedih dan kecewa.

Sebab, hasil pertandingan Boom Esports di tiga hari pertama di babak Group Stage The International 2022 belum begitu memuaskan.

Terlebih, Boom Esports juga terancam tidak masuk ke babak penyisihan (Playoff) alias Main Event The International 2022, lantaran berada di posisi kesembilan pada hasil klasemen sementara.

Seperti diketahui, dua tim terbawah di masing-masing grup, yaitu posisi kesembilan dan kesepuluh, tidak akan lolos ke ajang Main Event.

Namun, kesedihan tersebut berubah. Boom Esports membuat kejutan dan bangkit di hari keempat.

Bahkan, mereka berhasil menaklukkan juara dunia The International 2015, Evil Geniuses dengan skor sempurna 2-0.

Kemenangan ini membuat Boom Esports memiliki perolehan skor yang sama dengan dua tim terbawah lain, Soniqs dan BetBoom Team, dengan skor 5-13.

Karena skornya sama, Boom Esports harus bertanding lagi dengan Soniqs dan BetBoom Team dalam laga penentu (Tiebreaker Match).

Pada akhirnya, Boom Esports menang dramatis atas kedua tim tersebut dengan skor 1-0, sehingga tim asal Indonesia ini mampu berada satu peringkat di atas Soniqs dan BetBoom Team.

Harus berjuang di awal Main Event

Kemenangan melawan Evil Geniuses, Soniqs, dan BetBoom Team di akhir babak Group Stage membuat Boom Esports melaju ke ajang Main Event Dota 2 The International 2022.

Ini adalah sejarah baru untuk dunia game di Indonesia.

Namun, Boom Esports tidak bisa lengah dan harus berjuang dengan keras. Sebab, mereka ditempatkan di tangga turnamen terbawah (Lower Bracket).

Artinya, mereka wajib mendapatkan kemenangan beruntun apabila ingin melaju ke babak selanjutnya hingga babak Grand Final nanti.

Pada ajang Main Event alias babak Playoff, Boom Esports akan dipertemukan dengan Team Spirit, tim yang menjuarai The International 2021 lalu.

Karena akan bertanding melawan mantan juara dunia Dota 2, Boom Esports otomatis harus mengerahkan seluruh tenaga mereka supaya bisa melaju ke babak selanjutnya.

Pertandingan Boom Esports melawan Team Spirit akan berlangsung pada hari ini, Kamis (20/10/2022) pukul 16.00 WIB.

Laga yang akan menentukan nasib Boom Esports ini bisa disaksikan secara online melalui Twitch lewat akun @dota2ti di tautan .

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://cocotekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), https://cocotekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Pos terkait