Kenapa Notifikasi “Pesan Layar Penting” Muncul di iPhone dan Bisakah Dihilangkan?

  • Whatsapp

cocotekno.com – ebagian dari Anda mungkin pernah melihat terdapat notifikasi “ pesan layar penting ” atau “important Display Message” yang muncul di layar iPhone. Notifikasi tersebut bisa muncul secara tiba-tiba. Lantas, kenapa ada “pesan layar penting” di iPhone?

Untuk diketahui, notifikasi “pesan layar penting” tidak muncul di semua iPhone. Notifikasi tersebut hanya muncul di beberapa iPhone dengan kondisi tertentu. Lalu, kondisi seperti apa yang jadi penyebab “pesan layar penting” muncul di iPhone?

Bacaan Lainnya

Penyebab “pesan layar penting” muncul di iPhone adalah terdapat layar yang tidak menggunakan komponen asli dari Apple (Genuine Apple Part). Mulai iOS 15.2, iPhone dibekali kemampuan mendeteksi keaslian beberapa komponennya, termasuk bagian layar.

Deteksi keaslian komponen untuk bagian layar hanya tersedia pada seri iPhone 11 dan yang lebih baru, kecuali iPhone SE 2 dan iPhone SE 3.

Dengan kemampuan deteksi itu, bila iPhone menggunakan komponen layar yang tidak asli dari Apple maka bakal muncul notifikasi “pesan layar penting”. Selain notifikasi tersebut, muncul pula status “Komponen Tidak Dikenal” atau “Unknown Part”.

Status “Komponen Tidak Dikenal” bakal bisa dilihat di opsi “Riwayat Komponen dan Servis” pada menu pengaturan perangkat, saat iPhone terdeteksi tidak menggunakan komponen layar yang asli dari Apple.

Penggunaan komponen layar tidak asli itu salah satunya bisa disebabkan karena layar iPhone pernah diservis atau diperbaiki, sehingga harus diganti. Namun, penggantian layar tersebut tidak menggunakan komponen asli dari Apple.

Alhasil, munculah notifikasi “pesan layar penting” dan status “Komponen Tidak Dikenal” di iPhone. Lalu, apakah notifikasi itu bisa dihilangkan? Pada dasarnya tidak ada cara menghilangkan “pesan layar penting” iPhone yang mudah untuk dilakukan.

Satu-satunya cara menghilangkan “pesan layar penting” iPhone adalah dengan mengganti komponen layarnya menggunakan yang asli. Bila layar iPhone diganti menggunakan komponen asli dari Apple maka notifikasi itu tidak akan muncul.

Status “Komponen Tidak Dikenal” juga tak akan muncul. Saat layar iPhone diganti dengan komponen asli dari Apple, opsi “Riwayat Komponen dan Servis” yang terdapat di menu pengaturan perangkat bakal menunjukkan status “Genuine Apple Part”.

Dikutip dari laman resmi dukungan Apple, komponen layar asli Apple dapat diperoleh melalui AASP atau Apple Authorized Service Providers (Penyedia Layanan Servis Resmi Apple), seperti iBox atau mitraCare.

Demikianlah penjelasan seputar penyebab “pesan layar penting” muncul di iPhone. Sebagai informasi tambahan, supaya tak muncul notifikasi tersebut, bila mengalami kerusakan layar iPhone, alangkah baiknya melakukan servis di AASP untuk mendapat komponen asli Apple.

Pasalnya, menggunakan komponen layar yang tidak asli bisa berpotensi mengakibatkan beberapa gangguan kinerja, misalnya sentuhan jadi kurang responsif, fitur True Tone nonaktif atau tidak bisa bekerja, dan sebagainya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://cocotekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), https://cocotekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Pos terkait