Jumat , Januari 27 2023

Kelebihan dan Kekurangan Speaker Curve

Saat mendengarkan lagu atau memperkeras sebuah sumber suara dari perangkat elektronik, maka dibutuhkan adanya speaker. Dimana speaker sendiri ternyata memiliki beberapa model atau tipe salah satunya curve. Berikut akan dipaparkan lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan Speaker Curve.

Apa Itu Speaker Curve?

Sebelum membahas lebih rinci mengenai kelebihan dan kekurangan Speaker Curve, maka pengguna harus paham terlebih dahulu mengenai tipe dari speaker itu sendiri. Untuk tipe dari speaker sebenarnya ada beberapa macam.

Pertama adalah tipe subwoofer yang menghasilkan suara rendah sekitar 20-200 Hz. Dan yang kedua adalah jenis Woofer yang kurang lebih hampir sama dengan subwoofer, atau lebih sering dikenal dengan speaker bass. 

Kemudian ada mid range yang frekuensinya mencapai 500-5000 Hz, sehingga pengguna bisa mendengarkan dengan jelas. Lalu ada Twitter yang lebih sering dikenal dengan speaker treble, dengan hasil suaranya mencapai 20KHz. 

Dan juga yang terakhir ada Full Range yang biasa dikenal dengan Speaker Curve. Dimana bisa mengeluarkan suara baik rendah atau tinggi. Untuk speaker ini sendiri biasanya memiliki 3 way speaker.

Kelebihan Speaker Curve

Setelah mengetahui apa itu Speaker Curve, maka pembaca bisa menyimak penjelasan lengkap mengenai kelebihan dari speaker satu ini. Tanpa berbasa-basi simak ulasan di bawah ini:

1. Memiliki Frekuensi Yang Beragam

Ada beberapa jenis dari speaker sebagai penjelasan diatas dimana perbedaanya terletak pada bagian frekuensinya. Ada yang digunakan untuk menghasilkan suara rendah dan sebaliknya untuk menghasilkan suara tinggi. 

Namun, untuk Speaker Curve atau full range. Dimana dalam speaker ini terdapat banyak kotak yang mana didalamnya juga ada lebih dari beberapa driver. Sehingga hasil frekuensi suara yang dimunculkan juga beragam baik nada tinggi ataupun rendah.

2. Memiliki Rentang Frekuensi Panjang

Sebagaimana yang telah dijelaskan bahwa speaker ini menghasilkan suara baik untuk nada tinggi dan rendah. Sehingga bisa dikatakan memiliki rentang frekuensi yang panjang, yaitu 60-18.000 Hz.  Dimana frekuensi tingginya bisa mencapai 18.000 Hz.

Sedangkan pada frekuensi rendahnya mencapai 60 hingga 70 Hz. Jadi, tidak heran jika banyak orang yang memanfaatkan speaker ini untuk berbagai kegiatan dalam kesehariannya.

3. Tanpa Menggunakan Crossover

Salah satu bagian yang biasanya digunakan untuk memisahkan rentang frekuensi suara adalah Crossover. Dimana tujuannya agar suara lebih jelas. Namun, untuk jenis ini tidak perlu adanya Crossover ini. Pasalnya suara yang dihasilkan sudah jelas.

4. Mempunyai Ukuran Speaker Yang Tidak besar

Walaupun speaker dengan jenis full range biasanya terdiri dari banyak driver. Namun, tenang saja ukurannya tidak terlalu besar, jadi pengguna bisa meletakkannya di berbagai sudut rumah atau tempat yang diinginkan. 

Kekurangan Speaker Curve

Walaupun di atas sudah dijelaskan berbagai kelebihan yang ada di Speaker Curve, namun ternyata tetap saja ada kekurangan dari perangkat ini. Sedangkan untuk kekurangan yang ada di Speaker Curve ini adalah yang pertama terkait dengan tekanan dari speaker ini yang tidak terlalu kuat.

Pasalnya suara akan dirambatkan secara merata diseluruh permukaan speaker. Kemudian beberapa kali ditemukan adanya nada yang tidak sesuai. Pasalnya full rage sendiri dibuat agar bisa menghasilkan suara rendah dan tinggi. Sehingga suara vokal dan bass yang muncul secara bersamaan akan tumpang tindih.

Demikian itu beberapa penjelasan mengenai jenis speaker hingga kelebihan dan kekurangan Speaker Curve. Dengan adanya informasi tersebut bisa sekaligus menambah wawasan para pengguna speaker khususnya. Serta bisa mempertimbangkan saat hendak menggunakan speaker dengan tipe tersebut. 

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Poco X3 Pro

Check Also

Kelebihan dan Kekurangan Laptop dan Notebook

Kelebihan dan Kekurangan Laptop dan Notebook

Banyak yang belum paham perbedaan laptop dan notebook sebagai sebuah perangkat elektronik. Padahal terdapat kelebihan …