Jumat , Januari 27 2023

Kelebihan dan Kekurangan Laptop dan Notebook

Banyak yang belum paham perbedaan laptop dan notebook sebagai sebuah perangkat elektronik. Padahal terdapat kelebihan dan kekurangan laptop dan notebook yang bisa dibedakan. Kedua pembeda ini menjadi pilihan dan solusi untuk tidak bergantung pada komputer yang tak bisa dibawa kemana saja. 

Secara umum laptop serta notebook ini lebih mudah dibawa karena ukuran yang lebih kecil. Selain itu dari segi ukuran juga lebih ringan dan memudahkan pekerjaan. Simak perbedaan mengenai kekurangan serta kelebihan antara laptop dan  notebook berikut:

Apa Itu Laptop? Apa Saja Kelebihan dan Kekurangannya?

Sebelum membahas kelebihan dan kekurangan laptop dan notebook, alangkah baiknya mengenal terlebih dahulu. Pertama terkait dengan pengenalan laptop yang merupakan perangkat yang mirip komputer biasa. Serta banyak juga orang yang menjulukinya sebagai komputer jinjing pribadi.

Hanya saja laptop berukuran lebih ringan serta kecil serta mudah untuk dibawa dalam berbagai aktivitas. Sehingga laptop sangat cocok digunakan bagi pekerja yang membutuhkan laptop di berbagai kondisi. Simak penjelasan lengkapnya.

Kelebihan Laptop

Bicara mengenai kelebihan laptop dan notebook pertama adalah mengenai kepraktisannya. Seperti penggambaran sebelumnya bahwa laptop lebih mudah dibawa ke mana saja karena ukurannya. Hal ini juga dikarenakan adanya desain yang lebih tipis pada laptop dibandingkan dengan komputer biasa.

Pertama dari segi harga laptop lebih murah dan terjangkau dari harga komputer. Kedua dari segi bentuk keyboard yang lebih stylish serta layar yang lebih tajam saat dipakai. Sedangkan ketiga, yaitu dari daya baterai yang juga dianggap lebih hemat. Karena saat menggunakan laptop tidak harus selalu tersambung ke arus listrik.

Kekurangan Laptop

Selain punya kelebihan, laptop juga memiliki berbagai kelemahan. Hal ini jadi fokus utama pertimbangan kelebihan dan kekurangan laptop dan notebook sebelum dibeli. Dengan mengetahui beberapa hal tersebut pengguna pasti punya keputusan tepat untuk memilih apa yang cocok baginya atau tidak.

Kekurangan pertama adalah laptop biasanya lebih cenderung cepat rusak jika disandingkan dengan computer. Kedua, untuk melakukan upgrade pada sejumlah komponen ini juga lebih susah. Karena pihak produsen lebih sering mengembangkan inovasi baru berbagai jenis laptop. 

Selain itu, ketiga suku cadang dari laptop dianggap lebih mahal dibandingkan dengan komputer biasa. Karena berbagai komponen ini lebih kecil dan susah untuk ditemukan.

Apa Itu Notebook? Apa Saja Kelebihan dan Kekurangannya?

Selanjutnya masuk pada pembahasan dan pengenalan tentang notebook. Secara kasat mata notebook memiliki tampilan yang hampir sama dengan laptop karena bisa dijinjing atau portable dimana saja. Tetapi bila berbicara mengenai ukuran sebenarnya notebook ini lebih kecil dan lebih ringan daripada laptop.

Selain itu juga terdapat berbagai kelebihan dari notebook dari laptop. Berdampingan juga ada berbagai kelemahannya. Berikut sejumlah penjelasan mengenai notebook yang harus dipahami oleh pengguna:

Kelebihan Notebook

Pembahasan pertama adalah terkait kelebihan apa saja yang dimiliki oleh notebook. Secara umum juga sangat mendukung dalam pekerjaan serta fleksibel. Terlebih banyak yang merasa jika notebook ini dianggap lebih praktis pada saat dipakai.

Pertama adalah dari segi baterai, dinilai lebih hemat karena hanya perlu sekali pengisian daya. Kedua memiliki kapasitas penyimpanan yang dinilai sangat besar walau ukuran kecil. Hl yang terakhir adalah terkait dengan sistem keamanan yang lebih lengkap.

Kekurangan Notebook

Selain membahas mengenai berbagai kelebihan juga akan dipaparkan berbagai kekurangan dari notebook. Dengan berbagai penjelasan berimbang pasti pengguna akan lebih paham. 

Kekurangan pertama adalah dari segi layar notebook yang dinilai lebih kecil sehingga dirasa kurang nyaman. Kedua adalah perihal resolusi dan ketajaman gambar yang lebih besar sehingga dikhawatirkan dapat berpengaruh buruk pada hal lainnya.

Itulah sejumlah penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan laptop dan notebook. Setelah sejumlah penjelasan tersebut pasti pengguna sudah lebih tahu mengenai perbedaannya. Serta juga lebih mudah untuk memilih akan membeli laptop atau notebook.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Gojek

Check Also

Kelebihan dan Kekurangan Poco M3

Kelebihan dan Kekurangan Poco M3

Bagi pengguna smartphone tentunya harus survey terlebih dahulu saat hendak membeli perangkat tersebut. Pasalnya agar …