Kelebihan dan Kekurangan Firewall di Dunia Internet

  • Whatsapp

Masih banyak orang belum paham mengenai kelebihan dan kekurangan firewall yang menjadi fitur penting pada komputer. Bisa diartikan hal ini ibarat bagian tak terpisah yang merupakan penjaga dari sebuah komputer. Karena firewall berfungsi agar sebuah komputer terlindung dari berbagai konten berbahaya. 

Sampai saat ini kebanyakan firewall yang dipakai merupakan bawaan dari sistem operasi. Serta juga firewall yang telah dilengkapi dengan adanya tambahan fitur anti virus. Sebelum itu simak berbagai penjelasan terkait kelebihan serta kekurangan dari firewall berikut:

Bacaan Lainnya

Kelebihan Firewall

Mengingat pentingnya keberadaannya dalam sebuah komputer sudah sepatutnya pengguna paham mengenai kelebihan dan kekurangan firewall. Karena jika firewall di sebuah komputer rusak tidak menutup kemungkinan virus dengan cepat menyebar. Berikut sejumlah penjelasan mengenai kelebihan firewall yang harus dipahami:

1. Mendeteksi Virus

Poin pertama dari kelebihan firewall yaitu kemampuannya dalam hal mendeteksi virus. Apabila pengguna mengunjungi satu situs berbahaya maka ada peringatan yang diberikan oleh komputer. Jika firewall tidak terpasang, berbagai virus masuk dengan mudah di komputer saat mengunjungi situs.

Secara tidak langsung hal ini juga menjaga kenyamanan serta keamanan pengguna saat berselancar di internet. Karena tidak perlu khawatir dengan adanya gangguan Malware berbahaya dari berbagai situs. Selain itu, firewall juga bisa mendeteksi keberadaan virus dari aplikasi yang diinstal.

2. Mencegah Mengunjungi Situs Bahaya 

Seperti penjelasan sebelumnya, kelebihan firewall ini juga bisa mencegah mengunjungi situs berbahaya. Terlebih terdapat link tidak terpercaya di share oleh pengguna lainnya. Bila tidak sengaja menekan link pasti akan membuat komputer berada dalam bahaya karena serangan virus. 

Tetapi dengan keberadaan firewall justru dapat mencegah pengguna untuk mengklik dan melanjutkan penelusuran. Hal ini karena adanya peringatan yang diberikan oleh firewall pada saat itu. Sehingga jebakan yang diciptakan oleh virus serta pihak tak bertanggung jawab tidak terlaksana.

3. Memblokir Situs Tertentu 

Ternyata salah satu kelebihan lain dari keberadaan firewall adalah dapat memblokir situs tertentu. Akibatnya setelah situs serta alamat IP terblokir pengguna tidak lagi bisa mengunjunginya. Dampak baiknya tidak hanya pengguna yang terselamatkan tetapi juga pengguna lain.

Sementara pada browser konvensional misalnya Chrome atau Mozilla, hal ini tidak tersedia. Maka dari itu untuk berselancar di Internet pengguna juga harus memilih browser yang sesuai. Jangan sampai hal tak diinginkan seperti ini bisa terjadi. 

Kekurangan Firewall

Tidak hanya sejumlah kelebihan tetapi firewall juga memiliki berbagai kekurangan. Dengan mengetahui berbagai kekurangan tersebut pengguna diharapkan bisa lebih paham dan melakukan antisipasi apabila terjadi kerusakan. Berikut penjelasan mengenai kekurangan pada firewall:

1. Tidak Bisa Mencegah Virus 

Kekurangan pertama dari firewall adalah tidak bisa mencegah virus masuk ke komputer. Karena sebenarnya firewall hanya berfungsi mendeteksi bukan antivirus. Sehingga untuk itu, pengguna juga harus menginstal sebuah aplikasi untuk antivirus demi mencegah hal tidak diinginkan.

Karena sejatinya tugas dari sebuah firewall adalah menjaga agar komputer tidak mengalami permasalahan akibat dari jaringan komputer. Maka dari itu firewall tidak bisa menjalankan fungsi ganda sebagai antivirus. Pengguna harus hati-hati apabila mendownload sebuah konten.

2. Tidak Bisa Mencegah Pencurian Data 

Berikutnya yang masuk dalam kekurangan firewall adalah tidak bisa mencegah apabila terjadi pencurian data. Serta tak mampu mengatasi peretasan yang dilakukan lewat arah dalam.  Maka hal ini bisa menjadi celah bagi yang ingin melakukan pencurian data apabila tahu password computer.

Apalagi jika hal ini terjadi dalam kondisi internal karena tidak adanya fungsi ganda dari firewall. Jadi, bisa disebut jika firewall tidak bisa dijadikan sebagai komponen keamanan untuk sebuah komputer. Karena memang fungsinya hanya sebatas pendeteksi apabila ada konten mencurigakan serta virus.

Itulah sejumlah penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan firewall. Setelah mengetahui ini, pengguna diharapkan mampu mengambil kebijakan apabila dalam kondisi genting. Pastikan firewall terpasang sempurna pada laptop.

Baca Juga: 6 Kelebihan dan Kekurangan E-wallet yang Perlu Diketahui

Pos terkait