6 Kelebihan dan Kekurangan E-wallet yang Perlu Diketahui

  • Whatsapp

Saat ini sedang viral sekali pengguna dompet digital atau yang sering disebut dengan e-wallet. Penggunaan dompet digital tersebut memang lebih praktis dan mudah digunakan. Terdapat berbagai kelebihan dan kekurangan e wallet yang sepertinya perlu untuk diketahui. Mari lihat saja pembahasan berikut:

6 Kelebihan E-wallet yang jarang diketahui orang

Seperti sudah disebutkan di atas, di sini akan dibahas mengenai kelebihan dan kekurangan e-wallet. Untuk yang pertama akan dibahas mengenai kelebihan dari aplikasi ini terlebih dahulu. Kelebihan di bawah ini membuat banyak orang menggunakan dompet digital, yaitu antara lain:

Bacaan Lainnya

1. Praktis Digunakan

Hadirnya dompet digital membuat segala sesuatu mudah dan praktis. Apalagi jika berurusan dengan proses pembayaran, bisa langsung menggunakan dompet digital ini. Jadi, si pengguna tidak perlu membawa dompet fisik kemana-mana. Karena, sudah ada dompet digital yang lebih praktis.

Pengguna cukup membawa sebuah ponsel dan tentunya salah satu aplikasi dompet digital sata bepergian. Saat akan melakukan sebuah pembayaran tinggal menyerahkan aplikasi tersebut. Tetapi, yang harus diingat tidak semua toko menyediakan layanan ini.

2. Terdapat Catatan Pengeluaran

Pasti pernah banyak yang mengalami pengeluaran lebih banyak dibandingkan dengan pemasukan. Namun, pengeluaran yang ada tidak jelas larinya kemana dan membuat catatan keuangan tidak stabil. Hal tersebut tentunya akan membuat bingung si pengguna.

Nah, solusinya yaitu bisa dengan menggunakan dompet digital. Di dalam dompet digital dengan otomatis akan tercatat pengeluaran yang telah dilakukan di setiap harinya. Jadi, si pengguna bisa mengontrol pengeluaran yang dirasa membuatnya boros.

3. Lebih Aman

Dengan adanya dompet digital ini tentunya akan lebih aman dari segi apapun. Jika dilihat dari penggunaannya, tentunya untuk proses transaksi lebih aman dan tidak mungkin terjadi kelebihan atau kekurangan kembalian. Sedangkan, jika dilihat dari jenis uangnya tidak mungkin memperoleh uang palsu.

Selain itu, tidak mungkin ada orang yang bisa mengakses dompet digital tersebut selain si pengguna. Karena, untuk bisa masuk ke dalam dompet digital harus menggunakan sebuah password. Pastikan yang mengetahui password tersebut hanya si pemilik dompet digital tersebut.

Kekurangan E-wallet

Di balik kelebihan yang ada, ternyata terdapat juga kekurangan yang dimiliki oleh e-wallet tersebut. Namun, kekurangan yang ada hanya sedikit dibandingkan dengan kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi tersebut. Mari lihat apa saja kekurangan yang dimiliki oleh dompet digital atau e-wallet:

1. Terdapat Biaya Potongan

Pada beberapa aplikasi dompet digital terdapat biaya potongan untuk admin. Walaupun biaya potongannya tidak besar, namun tentunya akan mengurangi uang si pengguna di dalam dompet digital. 

Apalagi, jika potongan yang diberlakukan setiap bulan pasti akan sedikit merugikan pengguna. Tak heran apabila kelebihan dan kekurangan e wallet perlu diperhatikan sebelum memilihnya sebagai alat transaksi sehari-hari.

2. Tidak Bisa Dicairkan

Dompet digital atau e-wallet memang bisa digunakan untuk transaksi dan menggantikan peran uang tunai. Namun, sayangnya uang yang ada di dompet digital tidak bisa dicairkan. Jadi, saat pengguna membutuhkan uang tunai tidak bisa memanfaatkan dompet digital tersebut.

3. Tidak Semua Toko Ada E-wallet

Ternyata walaupun e-wallet mudah untuk digunakan, namun nyatanya tidak semua toko menyediakan pembayaran dengan menggunakan e-wallet. Jadi, saat akan melakukan pembayaran lebih baik bertanya dahulu apakah toko tersebut menyediakan pembayaran metode dompet digital atau tidak.

Demikian informasi mengenai kelebihan dan kekurangan e wallet yang sekarang ini banyak digunakan untuk bertransaksi. Terdapat banyak aplikasi dompet digital yang dapat digunakan saat ini. Pengguna bisa memilih yang paling sesuai dengan keinginannya.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Corning Gorilla Glass 5

Pos terkait