Jumat , Januari 27 2023

Kelebihan dan Kekurangan Baterai Non Removable dari Berbagai Sudut Pandang

Pada perangkat ponsel ada dua jenis baterai yang digunakan, salah satunya adalah jenis non removable atau baterai tanam. Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan baterai non removable yang tentunya mempengaruhi performa dari perangkat yang digunakan. Mari, lihat saja apa kelebihan dan kekurangannya!

Kelebihan Baterai Non Removable

Membicarakan tentang kelebihan dan kekurangan baterai non removable, bisa dimulai dengan kelebihan dari baterai jenis tersebut terlebih dahulu. Ada berbagai kelebihan yang dimiliki oleh jenis baterai ini. Berikut akan dipaparkan dengan lebih mendalam lagi:

1. Daya Tahan Baterai Tinggi

Baterai non removable memiliki ketahanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan baterai removable. Hal tersebut dikarenakan, baterai jenis ini dibuat dengan menggunakan sebuah bahan yang memang khusus untuk membuat daya tahan baterai menjadi lebih tinggi.

Sangat cocok sekali bagi yang menggunakan ponsel dengan mobilitas yang tinggi. Jadi, tidak akan kehabisan baterai dalam waktu yang singkat. Karena, baterai ini bekerja dua kali lipat dibandingkan dengan baterai yang bisa dilepas.

2. Desain Ponsel Lebih Menarik

Apabila menggunakan sebuah ponsel dengan jenis baterai non removable ini, tentunya akan memiliki bentuk atau desain yang lebih tipis. Hal itu akan memberikan kesan mewah dan elegan pada ponsel yang digunakan. Tampilannya pun lebih simple dan juga terlihat praktis.

Apalagi, ketika ingin mengganti kartu sim pengguna tidak perlu membongkar casing dari ponsel tersebut. Karena, tempat kartu sim pada ponsel dengan baterai tanam sudah terletak di bagian luar. Pengguna tinggal memencetnya saja dan bisa langsung mengganti kartu sim.

3. Proses Pengisian Daya Lebih Cepat

Untuk kelebihan yang selanjutnya yaitu pengisian daya baterai lebih cepat dan lebih bebas. Pengguna tak perlu menunggu baterai hingga habis jika ingin melakukan pengisian daya. Saat daya baterai masih ada pun bisa langsung melakukan pengisian daya dengan bebas.

Selain itu, proses pengisian daya juga lebih cepat dibandingkan dengan pengisian daya baterai removable. Tentunya hal ini akan menguntungkan bagi pengguna yang sedang terburu-buru. Walaupun, bisa mengisi dengan cepat tetapi daya tahan baterai juga lebih lama.

Kekurangan Baterai Non Removable

Setelah mengetahui kelebihan dari baterai non removable, tidak lengkap jika tidak mengetahui kekurangannya pula. Karena, sudah pasti terdapat beberapa kekurangan dari baterai tersebut. Di sini akan dibahas lebih lanjut mengenai kekurangan dari baterai jenis ini:

1. Tidak Mudah Dilepas

Jenis baterai non removable merupakan jenis baterai tanam, yang artinya baterai tersebut sudah tertanam pada baterai tersebut. Jadi, kemungkinan untuk dilepas akan sulit apalagi jika dilakukan sendiri. Jika tidak mengetahui tekniknya, malah akan membuat ponsel menjadi rusak.

2. Baterai Cadangan Sulit Digunakan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa baterai jenis satu ini sangat sulit untuk dilepas. Jadi, saat ingin mengganti baterai atau menggunakan baterai cadangan pasti akan sulit untuk dilakukan. Pengguna harus pergi ke tempat servis dahulu untuk melakukan hal tersebut.

3. Baterai Asli Sulit Ditemukan

Kekurangan yang terakhir yaitu suku cadang dari baterai ini sangat sulit ditemukan. Saat posisi baterai sudah rusak, pengguna harus menggantinya. Namun, untuk baterai tanam yang asli hanya bisa ditemukan di gerai pusat dari ponsel tersebut.

Jadi, itulah kelebihan dan kekurangan baterai non removable yang biasanya ada di perangkat ponsel maupun PC. Informasi di atas bisa menjadi sebuah patokan ketika ingin menggunakan perangkat dengan baterai jenis tersebut. Jadi, saat menggunakannya sudah mengetahui kelebihan serta kekurangannya.

Check Also

Kelebihan dan Kekurangan Poco M3

Kelebihan dan Kekurangan Poco M3

Bagi pengguna smartphone tentunya harus survey terlebih dahulu saat hendak membeli perangkat tersebut. Pasalnya agar …