Jurusan Teknik Informatika: Mau Jadi Ahlinya Coding?

  • Whatsapp

Jurusan Teknik Informatika termasuk prodi favorit dari rumpun Saintek. Ini ulasan lengkapnya, mulai dari mata kuliah, daftar kampus, hingga prospek kerjanya.

Benar nggak sih, guys, kalau masuk ke jurusan Teknik Informatika, kita bisa belajar jadi hacker? Jawabannya, bisa benar bisa salah. Loh, kok bisa begitu? Kalau kamu penasaran, simak ulasan jurusan Teknik Informatika di artikel ini, ya!

 

Mengenal Jurusan Teknik Informatika

Teknologi yang semakin maju meningkatkan kebutuhan berbagai industri pada SDM yang jago komputer, salah satunya soal Teknik Informatika. Teknik Informatika merupakan jurusan yang mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer, serta analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan, dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak (Software), dan kinerja komputer.

Dengan kata lain, kamu akan mendalami coding dan programming saat kuliah untuk merancang dan mengembangkan ragam algoritma komputasi, seperti perangkat lunak untuk bisnis, pengelolaan jaringan, infrastruktur teknologi informasi, hingga pengembangan aplikasi multimedia akan selalu diasah saat kuliah.

Baca Juga: Bedanya Jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi

 

Kuliah di Jurusan Teknik Informatika

Selama kuliah ngapain aja sih? Jangan salah mengira, ya, teman-teman. Masuk ke jurusan Teknik Informatika tidak hanya sekedar install perangkat lunak komputer, atau bongkar pasang komputer. Masuk ke jurusan ini, justru kamu akan merancang perangkat lunak itu sendiri.

Melalui coding dan programming, kamu bisa mengembangkan perangkat lunak untuk kemudahan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, selama 4 tahun atau 8 semester, kamu akan dibekali dengan ilmu dan keterampilan untuk keperluan tersebut.

Setiap harinya, kamu akan belajar bahasa pemrograman, kecerdasan buatan hingga multimedia. Tak hanya itu, kamu pun akan belajar bagaimana memecahkan berbagai masalah komputasi. Beberapa di antaranya, mencari informasi dari miliaran dokumen web, memproses jutaan permintaan secara bersamaan, menciptakan sistem keamanan, dan lain-lain.

Keterampilan Jurusan Teknik Informatika

 

Mata Kuliah di Jurusan Teknik Informatika

For your information, mata kuliah di Jurusan Informatika akan menuntut banyak kecerdasan logika kamu. Apalagi, mata kuliah di jurusan ini menantang. Pada semester awal saja, kamu sudah disuguhi dengan mata kuliah sulit seperti Pengantar Teknologi Komputer dan Informatika, Kalkulus, Algoritma dan Pemrograman, Sistem Database, Artificial Intelligence (AI), dan Analisis Algoritma.

Lalu, di semester akhir perkuliahan, kamu akan belajar banyak tentang Rekayasa Perangkat Lunak, Data Warehouse, Data Mining, dan Teori Bahasa dan Automata. 

mata kuliah Jurusan Teknik Informatika

 

Kenapa Harus Masuk ke Jurusan Teknik Informatika?

  1. Prospek kerja lulusan Teknik Informatika semakin luas di era teknologi seperti sekarang. Tidak hanya itu, tersedia juga jenjang karir yang beragam dan bergengsi, plus gaji yang tidak sedikit.
  2. Lulusan Teknik Informatika banyak dibutuhkan berbagai perusahaan.
  3. Kamu bisa punya startup sendiri, dan bekerja sebagai independent self employed dengan menjadi konsultan.

Baca Juga: 17 Jurusan Teknik dengan Prospek Kerja Menjanjikan

 

Universitas dengan Jurusan Teknik Informatika

Mau pilih jurusan ini di seleksi masuk perguruan tinggi selanjutnya? Berikut adalah daftar kampus yang bisa kamu pilih.

daftar kampus Jurusan Teknik Informatika

 

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Teknik Informatika

Usai lulus dari jurusan Teknik Informatika, kamu akan memperoleh gelar Sarjana Teknik (S.T) atau Sarjana Komputer (S.Kom), atau Sarjana Sains (S.S). Hal ini bergantung pada kampusmu. Lalu, pekerjaan yang tersedia untuk lulusan Teknik Informatika apa saja?

  • Karyawan IT
  • Programmer
  • Konsultan IT
  • Data scientist
  • Web developer
  • Database engineer
  • Game development
  • Computer network
  • Web administrator
  • Software engineer

For your information, gaji yang ditawarkan untuk lulusan Teknik Informatika bisa dibilang ‘wah’, lho, teman-teman. Rata-rata, seorang Sarjana Teknik Informatika akan digaji mulai dari Rp5 juta hingga Rp7 juta per bulan. Akan tetapi, gaji akan bergantung pada kemampuan, tempat bekerja, pengalaman, dan jenis pekerjaan yang kamu punya.

Itulah teman-teman, gambaran kalau kamu masuk ke jurusan Teknik Informatika. Siapkan diri dan selamat berjuang, ya, ke kampus impianmu. Tunggu apalagi, segera akses ruangbelajar untuk bantu kamu gapai cita-cita!

Referensi

Apa itu Teknik Informatika dan Prospek Kerja Kedepannya [daring]. Tautan: diakses pada 24 Agustua 2022.

Mengenal Jurusan Teknik Informatika dan Prospek Kerja Lulusannya 2022 [daring]. Tautan: diakses pada 24 Agustus 2022.