Jumlah Pengguna Aktif Instagram Tembus 2 Miliar, Makin Dekati Facebook

  • Whatsapp

cocotekno.com – Meta baru-baru ini merilis laporan keuangan mereka untuk kuartal-III 2022. Induk Facebook , Instagram , dan WhatsApp itu melaporkan kinerja finansial perusahaan untuk periode Juli-September.

Dalam laporan tersebut, perusahaan besutan Mark Zuckerberg ini mengungkap bahwa pengguna aktif Instagram saat telah mencapai sekitar 2 miliar orang.

Bacaan Lainnya

Angka tersebut mulai mendekati jumlah pengguna aktif bulanan Facebook yang kurang lebih mencapai 2,96 miliar orang.

Hal ini mengindikasikan bahwa Instagram mulai dilirik oleh lebih banyak pengguna masa kini dibanding Facebook.

CEO Meta, Mark Zuckerberg, mengatakan bahwa peningkatan jumlah pengguna ini bisa terjadi berkat berbagai fitur dan produk baru yang ada di platform-platform yang berada di bawah naungan Meta.

“Komunitas kami terus berkembang dan saya senang bahwa aplikasi kami dapat menciptakan interaksi yang kuat antar-pengguna, tentunya didorong dengan berbagai fitur, layanan, dan produk baru kami seperti Reels,” ujar Zuckerberg dalam sebuah pernyataan.

Meski demikian, jumlah pengguna aktif bulanan Instagram dan Facebook belum melampaui jumlah pengguna aktif WhatsApp yang diklaim mencapai 3,71 miliar orang.

Hal ini bisa dibilang wajar. Sebab, format WhatsApp, yang merupakan aplikasi percakapan (chatting) yang lebih intensif digunakan, berbeda dengan format Facebook dan Instagram yang merupakan media sosial berbasis foto dan video yang digunakan sewaktu-waktu.

Masih soal pengguna, dalam laporan keuangan Meta, mereka merangkum jumlah pengguna aktif harian dan jumlah pengguna aktif bulanan Facebook, Instagram, Messenger, hingga WhatsApp dalam kategori “Family of Apps”.

Untuk kuartal-III 2022, Meta mencatat ada sekitar 2,93 miliar pengguna Family of Apps yang masuk (login) atau menggunakan aplikasi-aplikasi Family of Apps setidaknya satu hari sekali (Daily Active People/DAP).

Lalu, mereka juga mencatat ada sekitar 3,65 miliar pengguna Family of Apps yang login ke aplikasi-aplikasi Meta setidaknya satu bulan sekali (Monthly Active People/MAP).

Terlepas dari jumlah pengguna, Meta juga melaporkan bahwa dalam periode Juli-September 2022, mereka mencatatkan pendapatan (revenue) mencapai 27,71 miliar dollar AS (sekitar Rp 431 triliun), sebagaimana dirangkum KompasTekno dari iMore, Jumat (28/10/2022).

Laporan keuangan Meta untuk kuartal-III 2022 secara lengkap bisa dibaca di tautan .

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://cocotekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), https://cocotekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Pos terkait