Internet di Bekasi Paling Kencang Se-Indonesia, Kalahkan Jakarta

  • Whatsapp

cocotekno.com – Situs https://cocotekno.com pengujian kecepatan internet , Ookla , merilis laporan bertajuk ” Speedtest Global Index” untuk September 2022. Laporan itu berisi hasil pengukuran kecepatan internet mobile atau seluler serta kecepatan internet kabel (fixed broadband) di ratusan kota di seluruh dunia.

Ada dua kota di Indonesia yang masuk dalam indeks tersebut, yakni Jakarta dan Bekasi. Hasilnya, Ookla menyebut bahwa internet di Kota Bekasi paling kencang se-Indonesia, bahkan melampaui Jakarta, khususnya Jakarta Selatan.

Bacaan Lainnya

Dalam laporan Ookla, Bekasi menempati posisi ke-134, selisih dua peringkat dibanding Jakarta Selatan yang menempati urutan ke-136. Namun, pencapaiannya cukup signifikan karena pada Agustus lalu, posisi Bekasi berada di peringkat ke-128, tepat di bawah Jakarta. Sementara itu, posisi Jakarta justru turun 9 angka dibanding bulan Agustus.

Menurut hasil pengujian Speedtest, kecepatan unduh internet mobile Bekasi per September 2022 mencapai 16,47 Mbps, sedikit lebih unggul dibanding Jakarta (16,14 Mbps).

Dibanding bulan Agustus, kecepatan internet unduh di Bekasi turun dari 17,43 Mbps. Begitu pula dengan Jakarta yang turun dari 17,58 Mbps pada periode yang sama.

Kecepatan upload di Bekasi juga lebih tinggi dari Jakarta, yaitu mencapai 11,64 Mbps dibanding Jakarta 10,90 Mbps. Sementara itu, latensi di Bekasi adalah 23 milidetik, lebih rendah dibanding Jakarta Selatan yang mencapai 24 milidetik.

Internet kabel Bekasi juga lebih unggul

Tak hanya kecepatan internet mobile atau seluler, hasil pengujian aplikasi Speedtest juga menunjukkan kecepatan internet kabel di Bekasi per September 2022 lebih unggul dibanding Jakarta Selatan.

Dalam laporan Ookla, Bekasi menempati peringkat ke-136 dari total 193 kota di seluruh dunia yang terlibat dalam pengujian. Posisi tercatat naik dua peringkat dibanding Agustus lalu dari peringkat 138.

Adapun kecepatannya mencapai 27,04 Mbps untuk download, 11,61 Mbps untuk upload, dan latensi 5 milidetik.

Selisih satu peringkat dengan Bekasi, Jakarta berada di posisi ke-137. Padahal, pada bulan sebelumnya, Jakarta berada di posisi ke-131.

Kecepatan internet kabel Jakarta Selatan per September 2022 hanya terpaut tipis dari Bekasi, yakni 27 Mbps untuk download, 17,32 Mbps untuk upload, dan latensi 5 milidetik. Jakarta Selatan hanya unggul di kategori kecepatan upload untuk internet kabel.

Shanghai dan Beijing kota dengan internet paling kencang sedunia

Ookla sendiri mengambil sampel dua kota besar dari masing-masing negara dalam pengujiannya. Kota yang dikategorikan besar di sini adalah yang memiliki 500.000 penduduk lebih dan memiliki sampel yang memadai untuk dilibatkan dalam pengujian kecepatan internet.

Dari hampir 200 kota yang terlibat, kota Shanghai China menjadi kota dengan kecepatan internet mobile tertinggi, mencapai 158,6 Mbps. Adapun kota dengan internet paling lelet adalah Havana, Kuba dengan kecepatan 4,51 Mbps.

Sementara itu, kota dengan internet kabel tercepat adalah Beijing, China, dengan kecepatan menapai 238,86 Mbps. Havana juga tercatat merupakan kota dengan internet kabel paling lelet dengan kecepatan hanya 1,78 Mbps.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://cocotekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), https://cocotekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Pos terkait