Intel Pamer Thunderbolt Generasi Baru, Kecepatan Transfer Data Maksimum 120 Gbps

  • Whatsapp

cocotekno.com – Intel memiliki teknologi transfer data bernama ” Thunderbolt ” yang biasa disematkan ke sejumlah konektor yang ada di komputer (PC) atau laptop.

Teknologi Thunderbolt yang identik dengan logo “petir” tersebut kini sudah mencapai generasi keempat ( Thunderbolt 4 ), namun pekan ini Intel memperkenalkan generasi penerus dari Thunderbolt 4.

Bacaan Lainnya

Tidak disebutkan apa nama dari suksesor teknologi tersebut. Namun apabila dibandingkan dengan pendahulunya, Thunderbolt generasi terbaru ini memiliki kecepatan transfer data atau bandwidth mencapai dua kali lipat.

Intel Thunderbolt generasi teranyar diklaim memiliki bandwidth mencapai 80 Gbps yang bisa berjalan secara dua arah, yaitu 80 Gbps untuk mengirim (transmit) data dan 80 Gbps untuk menerima (receive) data.

Bahkan apabila dibutuhkan, kecepatan transfer untuk transmit data bisa ditingkatkan menjadi 120 Gbps, tetapi kecepatan receive data akan diturunkan menjadi 40 Gbps.

Namun, peningkatan kecepatan transmit data hingga 120 Gbps ini hanya berlaku untuk kepentingan untuk mentransmisikan video seperti menampilkan video berkualitas tinggi di layar lain, bukan transfer data antar perangkat.

Terkait video, Intel mengeklaim Thunderbolt generasi terbaru mendukung sistem (interface) konektor display terbaru DisplayPort 2.1 untuk menunjang pengalaman video mumpuni.

Intel Thunderbolt generasi terbaru juga mendukung teknologi konektor USB4 generasi kedua, kecepatan transfer data “ngebut” via interface PCI Express (PCIe) 4.0, serta mendukung konektor Thunderbolt, USB, dan DisplayPort generasi sebelumnya.

Ada pula dukungan transfer data cepat melalui kabel hingga maksimal 1 meter dengan bantuan teknologi Intel lainnya yang dinamai Signaling Technology, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari XDADevelopers, Kamis (20/10/2022).

Intel tak mengumbar kapan Thunderbolt generasi terbaru ini diluncurkan, begitu juga dengan nama resminya.

Namun, teknologi yang konon bakal bernama Thunderbolt 5 itu kabarnya bakal diperkenalkan bersamaan dengan prosesor Intel Core generasi ke-13 untuk perangkat laptop pada awal 2023 mendatang. Kita nantikan saja.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://cocotekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), https://cocotekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Pos terkait