Inovasi Mobil Terbang akan Jadi Kenyataan, Start Up Asal AS Gandeng Investor Tesla

  • Whatsapp

cocotekno.comPIKIRAN RAKYAT- Zaman kian maju, alat-alat, maupun teknologi dibuat secanggih mungkin untuk membantu kebutuhan banyak manusia di dunia.

Salah satu contohnya adalah teknologi terbaru dan canggih berupa mobil terbang .

Bacaan Lainnya

Konsep terciptanya mobil terbang bukanlah hal baru, sudah sejak lama para penemu telah mencoba menambahkan sayap ke kendaraan bermotor dalam beberapa dekade terakhir, dengan keberhasilan yang sedikit atau terbatas.

Jim Dukhovny, pendiri Alef Aeronautics, berharap untuk mengubah persamaan itu.

Perusahaan Jim Dukhovny yang berbasis di California telah menghasilkan pendekatan baru untuk memindahkan kendaraan darat ke langit dan penemuannya itu telah menarik setidaknya satu pemodal ventura terkemuka.

Salah satu contoh Model A Alef, yang baru saja muncul dari penciptaan selama tujuh tahun, terlihat kurang lebih seperti mobil terbang di film-film lama dan lebih mirip taksi terbang Bruce Willis dalam film 1997 “The Fifth Element.”

Penampilan luar body mobil yang tidak biasa yang mana menampilkan tubuh mobil yang dapat terbalik untuk menjadi sayap setelah lepas landas hanyalah salah satu aspek yang menarik Tim Draper, investor awal di Tesla Inc dan SpaceX milik Elon Musk .

Draper Associates Fund V telah mendukung Alef sebesar 3 juta dolar AS atau sekira Rp46 miliar dalam bentuk uang modal .

“Saya memasukkan lebih banyak (uang) ketika saya melihat bahwa mereka telah membuat prototipe drone kecil yang melakukan persis seperti yang mereka katakan kepada saya,” kata Draper Associates Fund V dalam email, setelah memberikan modal .

“Desainnya luar biasa. Sisi-sisi mobil menjadi sayap ketika pesawat mendatar,” tutur mereka lagi.

Berbasis di Santa Clara di jantung Lembah Silikon, Alef telah merancang Model A , yakni sebuah mobil listrik dengan kemampuan lepas landas dan mendarat secara vertikal. Dan tentu saja, diperuntukkan untuk terbang .

Jim Dukhovny, yang merupakan CEO Alef, belum pernah membuat mobil sampai sekarang.

Ia adalah seorang ilmuwan ahli bidang komputer, perancang perangkat lunak, penggemar fiksi ilmiah, dan pengusaha serial yang pernah menjalankan https://cocotekno.com game online bernama Intellectual Casino.

Dalam sebuah wawancara, Dukhovny mengatakan Model A buatan tangan dirancang untuk dijual seharga 300.000 dolar AS, atau sekira Rp4,6 miliar dengan produksi dan pengiriman awal dijadwalkan pada tahun 2025.

Salah satu fitur yang membedakan Model A dari versi mobil terbang sebelumnya adalah cara terbangnya.

Setelah terangkat dari tanah, kokpit berputar dan bodi serat karbon terbalik, lalu bergerak maju, didorong oleh serangkaian baling-baling.***

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website pikiran-rakyat.com. Situs https://cocotekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), https://cocotekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Pos terkait