Ganjar dan Ridwan Kamil Dapatkan Hati Pemilih Pemula, Litbang Kompas: Karena Medsos

  • Whatsapp

cocotekno.com – Peneliti Litbang Kompas Bestian Nainggolan mengatakan elektabilitas Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil sebagai calon presiden (capres) cukup tinggi di kalangan pemilih pemula karena media sosial.

Sebab pemilih pemula kebanyakan mencari informasi melalui media sosial.

Bacaan Lainnya

“Karena lebih dari 70 persen, atau hampir tiga perempat pemilih mula menggunakan media sosial. Jadi kemungkinan besar media sosial berpengaruh,” papar Bestian pada Kompas.com, Jumat (28/10/2022).

Berdasarkan survei Litbang Kompas Oktober 2022, Ganjar memperoleh dukungan dari pemilih pemula sebesar 38,8 persen, sedangkan Emil memperoleh tingkat elektoral 8,5 persen.

Hasil yang berbeda nampak dari capaian elektoral Anies Baswedan pada segmentasi tersebut.

Anies hanya memperoleh 7,8 persen dari pemilih pemula.

Bestian mengungkapkan hal itu juga dipengaruhi oleh media sosial Anies. Meski cukup aktif namun unggahan mantan Gubernur DKI Jakarta itu selalu menimbulkan polemik di kolom komentarnya.

“Kendati narasi-narasinya terstruktur, namun kerap disambut pro kontra. Dugaannya (pola) semacam ini kurang tepat pada pemilih mula,” ungkapnya.

Namun Anies justru banyak dipilih oleh pemilih yang sudah mengikuti pemilu sebanyak satu kali, dan pemilih yang sudah mengikuti kontestasi elektoral berulang-ulang.

Penyebabnya, ia didukung oleh kaum elitis dan intelektual.

“Barisan pendukung (Anies) lebih bersifat elitis, pendidikan tinggi, dan status ekonomi menengah, lebih mature,” sebutnya.

Terakhir Bestian menyampaikan Anies punya banyak tantangan untuk merebut hati pemilih pemula jika tak ingin kalah dari Ganjar dan Ridwan Kamil.

“Ganjar ini semakin merebut suara pemilih pemula, Ridwan Kamil juga mulai merangkak. Anies harus perhatian dan (punya) strategi ke kalangan mula ini,” tandasnya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://cocotekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), https://cocotekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Pos terkait