Festival Takabonerate di Selayar Digelar Lagi Setelah Absen 2 Tahun

  • Whatsapp

cocotekno.com – Festival Takabonerate di Kabupaten Kepulauan Selayar , Sulawesi Selatan akan kembali digelar tahun ini, tepatnya pada 23-28 Oktober 2022.

Beragam kegiatan seni, budaya, pameran wisata bahari akan digelar dalam sepekan untuk memeriahkan acara tersebut, seperti dikutip .

Bacaan Lainnya

Sebelumnya, agenda tahunan yang digelar sejak 2008 ini sempat absen dua tahun karena pandemi Covid-19.

“Kami berupaya melaksanakan kembali event berskala nasional ini, karena Festival Takabonerate ini masuk 110 besar Kharisma Event Nusantara (KEN) sebagaimana ditetapkan Kementerian Pariwisata,” Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Selayar Hizbullah Kamaruddin di Makassar, Sabtu (15/10/2022), seperti dikutip .

Ia berharap, digelar kembalinya Festival Takabonerate dapat menjadi titik awal kebangkitan pariwisata di Selayar yang selama dua tahun terakhir terpuruk akibat pandemi.

Hizbullah menyebutkan, sebelum pandemi Covid-19 kunnungan wisatawan domestik dan mancanegara bisa mencapai sekitar 6.000-10.000 per tahun.

Tak hanya menarik kunjungan wisatawan domestik, festival tersebut juga diharapkan bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara. Sehingga, kunjungan wisatawan ke destinasi tersebut bisa kembali pulih bahkan lebih tinggi daripada angka sebelum pandemi.

Salah satu yang akan diangkat adalah ikon Selayar, yakni Taman Nasional Takabonerate.

“Yang terpenting sukses pelaksanaan dan kelanjutan dari itu kami berharap tamu-tamu kami akan kembali dan mengajak kolega dan kerabatnya untuk berkunjung ke Selayar,” turunya.

Bandara tutup jadi tantangan

Hizbullah menyayangkan Bandara Aroepala Selayar ditutup, sehingga akses menuju Selayar menjadi terbatas dan memengaruhi kunjungan wisatawan.

Apalagi, Selayar bukan titik transit melainkan tujuan, sehingga menurutnya sangat memerlukan penerbangan.

Adapun bandara tersebut tutup sejak Juni 2022 lantaran sepi penumpang.

“Kalau lewat darat, butuh waktu. Sehingga memang penutupan bandara ini sangat berpengaruh. Semoga di event berikutnya bandara sudah beroperasi kembali,” ucaonya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://cocotekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), https://cocotekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Pos terkait