Ekspansi ke Indonesia, GrabJobs Tawarkan Fitur Otomatisasi Perekrutan Karyawan

  • Whatsapp

cocotekno.com – Semakin hari, semakin banyak startup di bidang lowongan pekerjaan atau perekrutan karyawan yang bermunculan. Seperti Grabjobs misalnya. Startup asal Singapura ini resmi mengumumkan ekspansinya hari ini (28/10/19) ke Indonesia.

Terkait dengan ekspansinya ini, Emmanuel Crouy selaku Co-founder & CEO, GrabJobs mengatakan bahwa kebutuhan akan tenaga kerja terampil yang diperlukan oleh beberapa sektor industri di Indonesia menjadi alasan GrabJobs untuk melebarkan sayapnya ke Indonesia saat ini.

Bacaan Lainnya

“Pasar tenaga kerja Indonesia di beberapa sektor seperti ritel, perhotelan, dan industri Food and Beverage (F&B) telah mengalami peningkatan pesat. Perusahaan yang kami temui tidak dapat mengimbangi kebutuhan terus-menerus untuk merekrut tenaga kerja karena banyaknya pembukaan outlet baru. GrabJobs pun hadir untuk memberikan solusi tepat guna membantu perekrutan menjadi lebih cepat, efisien, dan efektif,” ujar Crouy.

Dari sisi fitur yang diunggulkan, GrabJobs memiliki fitur otomatisasi perekrutan yang mempermudah para perusahaan ketika proses pencarian kandidat karyawan.

Untuk fitur ini sendiri, GrabJobs memanfaatkan teknologi chatbot (bot obrolan) yang akan menangani wawancara, penyaringan dan penilaian profil, penjadwalan wawancara, serta pengingat wawancara secara otomatis.

Lebih Efisien Bagi Perusahaan

Untuk saat ini, GrabJobs fokus membidik tenaga kerja pemula serta menengah dan telah bekerja sama dengan 5.000 perusahaan, seperti Uniqlo, H&M, Zara, KFC, Genki Sushi, Intercontinental Hotel Group, Accor Hotels, Conrad, dan ribuan partner perusahaan lainnya.

Untuk diketahui, GrabJobs telah membantu perusahaan seperti Uniqlo mengurangi proses penyaringan kandidat dari 40 jam per minggu menjadi hanya 1 jam.

Kandidat atau pencari kerja pun tidak membutuhkan CV atau Resume untuk melamar pekerjaan. Mereka hanya perlu menjawab beberapa pertanyaan yang relevan dari chatbot.

“Wawancara juga bisa dilakukan melalui obrolan/chat di mana saja dan tanggapan instan pun akan didapatkan segera, apakah pelamar terpilih untuk pekerjaan tersebut atau tidak. Ini merupakan cara tercepat untuk mendapatkan pekerjaan,” jelas Crouy.

Untuk mengawali langkah pertama di Indonesia, GrabJobs sudah bekerja sama dengan Ismaya Group, Union Group, Love Bonito, Ascott Hospitality Group, Go-Work Offices, dan beberapa perusahaan lainnya.

Pekerjaan penuh waktu, paruh waktu, magang, trainee, dan gig jobs akan secara lengkap tersedia di website dan aplikasi GrabJobs.

“Misi kami di Indonesia adalah memberikan pekerjaan kepada semua orang. Kami menandatangani sejumlah kemitraan yang akan membantu menjembatani proses perekrutan offline ke online,” jelas Crouy.

Sekadar informasi, GrabJobs didirikan pada tahun 2016 di Singapura dan setahun berikutnya telah berhasil memperluas jaringannya dengan membuka cabang di Filipina.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website infokomputer.grid.id. Situs https://cocotekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), https://cocotekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Pos terkait