Dota, Counter Strike, Steam, dan Epic Games Terancam Diblokir Tengah Malam Nanti

  • Whatsapp

cocotekno.com – JAKARTA, Kementerian Kominfo memastikan bahwa batas akhir pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat adalah hari ini, Jumat (29/7/2022) pukul 23.59 WIB, atau tengah malam nanti.

Menurut Dirjen Aptika, Semuel A. Pangerapan, hingga berita ini ditayangkan masih ada platform besar yang belum mendaftarkan diri, sehingga terancam diblokir pada tengah malam nanti.

Bacaan Lainnya

Semuel mengatakan, ada 12 platform yang sudah dikirimi surat teguran sejak Sabtu (23/7/2022). Dari 12 platform tersebut, dua di antaranya sudah mendaftar dan sepuluh sisanya masih belum mendaftarkan diri.

Sebagian besar dari sepuluh platform tersebut merupakan platform game. Berikut ini adalah daftar lengkapnya:

    Amazon (marketplace).

    Paypal

    Yahoo (search engine)

    Bing (search engine)

    Epic Games (platform distribusi game)

    Steam (platform distribusi game)

    Dota (game)

    Counter Strike (game)

    battle.net (game)

    origin (EA)

UPDATE TERBARU: Steam, Epic Games, Counter Strike, Dota, dan Origin Sudah Diblokir Kominfo Hari Ini

“Kalau yang belum mendaftar sampai 23.59 (WIB), saya sekali lagi meminta maaf pada masyarakat untuk layanan ini sampai mereka melengkapi pendaftaran, tidak bisa diakses dari Indonesia,” kata Semuel dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta Pusat, (29/7/2022)

Sebelumnya diberitakan bahwa batas akhir pendaftaran PSE lingkup privat adalah Rabu (27/7/2022) pukul 23.59 WIB.

Namun, menurut pria yang akrab disapa Semmy itu, pengiriman surat teguran kepada PSE yang belum mendaftarkan diri baru dilakukan pada Sabtu, 23 Juli lalu.

Menurut Semuel, pemblokiran akan berlaku 5 hari kerja setelah surat dikirim. Sehingga perhitungan hari tersebut dimulai pada Senin 25 Juli sampai hari ini, Jumat 29 Juli 2022.

“Jadi kami baru mengirimnya itu tanggal 23 (Juli) hari Sabtu, bukan hari kerja. Makanya berlakunya Jumat sekarang. Karena kami harus verifikasi. Jadi dikirim 23 juli. maka takedown-nya nanti (tengah) malam,” ungkap Semuel dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta Pusat, Jumat (29/7/2022) sore.

Kendati demikian, Semuel menegaskan bahwa platform digital yang nantinya diblokir, bisa mengajukan normalisasi untuk membuka pemblokiran. Caranya adalah dengan melengkapi pendaftaran PSE melalui OSS (One-single Submission).

Per hari ini, Jumat (29/7/2022) pukul 10.00 WIB, Kominfo mencatat ada 5.384 institusi atau korporasi yang mendaftarkan diri dan ada 8.962 PSE yang terdaftar. Seluruh PSE tersebut terdiri dari yang terdiri dari 8680 domestik dan 282 asing.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs https://cocotekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), https://cocotekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Pos terkait