Dokumen Microsoft Bocor, Berisi Proyek Xbox Generasi Selanjutnya

  • Whatsapp

cocotekno.com – NESABAMEDIA.COM – Microsoft disebut sedang memulai rencana pengembangan generasi terbaru Xbox yang jauh lebih murah namun dengan spesifikasi lebih rendah dari Xbox Series X. Proyek terbaru tersebut diberi nama kode Lockhart. Secara garis besar, konsol terbaru itu didesain sedemikian rupa untuk mendapatkan performa layaknya Xbox Series X namun dengan harga lebih terjangkau. Adalah sebuah dokumen yang bocor yang kemudian diunggah di Twitter, yang mengungkap proyek Lockhart itu.

Kode Pada Setiap Proyek Microsoft

Selama ini Microsoft selalu menggunakan kode-kode sandi tertentu untuk setiap pengembangan konsol gaming yang mereka buat. Seperti Xbox Series X yang sebelumnya mendapatkan kode Scarlett sebelum akhirnya secara resmi diumumkan oleh Microsoft. Sementara rumor juga menyebutkan setelah proyek Scarlett ada dua proyek lagi yang dikembangkan Microsoft dan diketahui menggunakan kode Anaconda dan Lockhart.

Bacaan Lainnya

Saat pengungkapan Xbox Series X itu, Microsoft rupanya menggunakan kode Anaconda untuk mainboard yang digunakan pada Series X. Namun yang masih menjadi rumor saat itu adalah proyek Lockhart. Dengan adanya kebocoran dokumen, bisa dipastikan jika proyek itu merupakan pembuatan konsol terbaru setelah Series X.

Dalam dokumen bocor tersebut, disebutkan juga mode profiling mengenai Lockhart secara lebih detail. Dari sumber orang dalam Microsoft mengkonfirmasi jika kode Lockhart berkaitan dengan developer kit yang ada di Xbox Series X. Devkit dengan kode Dante itu sendiri memberikan fitur kepada para pengembang game untuk bisa menggunakan mode spesial bernama Lockhart yang memiliki profil spesifikasi performa khusus yang bakal hadir di konsol terbaru Microsoft tersebut.

Spesifikasi Proyek Lockhart Lebih Rendah Dari Xbox Series X

Jika benar demikian, maka sisi performa yang kemungkinan besar bakal digunakan Microsoft di konsol terbarunya itu tidak lebih gahar dari Xbox Series X. 7GB RAM, kecepatan CPU yang sedikit di underclock, dan sekitar 4 teraflops GPU adalah yang diperkirakan hadir pada konsol dengan kode Lockhart itu.

Sebagai tambahan informasi, untuk Xbox Series X sendiri menggunakan 13.5 GB RAM serta 12 teraflops GPU. Angka yang cukup jauh untuk sebuah perbandingan. Namun akan sangat wajar jika spesifikasi menjadi target bagi Microsoft untuk membuat konsol yang lebih terjangkau.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.

    ”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website nesabamedia.com. Situs https://cocotekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), https://cocotekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

    Pos terkait