Diam-diam Google Siapkan Pesaing iMessage Apple

  • Whatsapp

Bacaan Lainnya

cocotekno.com – Google ikut meramaikan layanan pesan instan dan siap menjadi pesaing WhatsApp dari Meta dan iMessage milik Apple. Perusahaan mengumumkan pembaruan pada aplikasi Message dengan menghadirkan reaksi emoji.

Menurut unggahan blog pada Kamis, yang dilaporkan CNet, aplikasi itu akan memungkinkan membalas teks apapun dengan emoji. Namun saat percakapan tidak dilakukan lewat RCS maka akan melakukannya dengan mengirimkan teks SMS yang menunjukkan emoji digunakan saat mengutip pesan yang dimaksudkan, dikutip Jumat (21/10/2022).

RCS adalah standar SMS yang digunakan Google untuk menyediakan fitur yang disempurnakan pada aplikasi Messages. Cara yang dilakukan pada Messages, sama seperti saat iPhone menangani reaksi emoji pada teks antara pengguna HP itu dengan Android.

Sebelumnya pada awal tahun ini, Google menambahkan fitur yang menerjemahkan teks-teks dari iPhone dalam reaksi emoji yang sesuai untuk perangkat Android.

Pemimpin produk Messages Google, Jan Jedrzejowicz mengatakan fitur baru itu bertujuan untuk menambahkan konsistensi pada aplikasi Messages dibandingkan memblokir fitur reaksi dari percakapan non-RCS.

Dia menambahkan bagaimana teks awalnya akan muncul di iMessage akan bergantung pada Apple yang memutuskan apakah akan mengurai teks dalam reaksi emoji yang sesuai atau tidak.

Pembaruan ini juga membawa balasan inline pada aplikasi, kemampuan menonton video Youtube dalam chat, serta saran proaktif berdasarkan teks dalam percakapan.

Untuk saran mencakup mengingat seperti hari ulang tahun, menandai pesan jika menyertakan detail penting, atau menyiapkan panggilan Google Meet. Namun pemberitahuan itu bisa dinonaktifkan oleh pengguna jika dirasa terlalu mengganggu.

Selain itu Google memperluas ketersediaan fitur transkripsi pesan suara. Sebelumnya telah ada di Pixel 7, berikutnya tersedia untuk lini Pixel 6, Samsung Galaxy S22, Z Fold 4, dan Z Flip 4.

Messages juga akan mendapatkan set ikon baru. Di mana akan menampilkan bentuk biru yang tumpang tindih pada pesan, telepon dan kontak.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cnbcindonesia.com. Situs https://cocotekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), https://cocotekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Pos terkait