Jumat , Januari 27 2023

Cara Mengubah Tulisan Tangan Menjadi Ketikan di Android dan iPhone

Tulisan tangan terkadang apabila sulit dibaca, maka akan terasa sangat mengganggu. Untuk itu, cara mengubah tulisan tangan menjadi ketikan akan sangat membantu seseorang dalam memahami suatu tulisan. 

Selain itu, mengubah menjadi ketikan dengan otomatis juga akan mempersingkat waktu ketika diketik. Nah, berikut terdapat cara yang bisa diterapkan di iPhone maupun Android.

Cara Mengubah Tulisan Tangan Menjadi Ketikan di Perangkat Android

Merubah tulisan tangan jadi ketikan, tentu memiliki banyak manfaat yang didapatkan. Tentunya, akan memudahkan pekerjaan yang ada. Apalagi bagi para pelajar, mahasiswa yang memiliki tugas menumpuk akan sangat membantu.

Nah, bagi para pengguna perangkat Android yang ingin mengubah tulisan tangan jadi ketikan, bisa dengan ikuti cara yang ini. Dalam cara ini, akan sangat dibutuhkan Google Lens agar dapat berhasil mengubah jadi ketikan. Berikut diantaranya:

1. Buka Aplikasi Google

Seperti yang telah disinggung diatas, bahwa untuk mengubah tulisan tangan jadi ketika di Android, maka akan menggunakan Google Lens. Untuk itu, langkah pertamanya adalah dengan membuka aplikasi Google yang tersedia pada perangkat Android. 

Jika sudah, pada halaman awal akan tertera beberapa menu di bawah layar. Pengguna bisa cari dan pilih menu Updates. Barulah menuju langkah selanjutnya.

2. Masuk Google Lens

Nah, cara mengubah tulisan tangan menjadi ketikan yang selanjutnya adalah membuka Google Lens. Apabila seseorang telah menekan menu Updates tadi, maka akan muncul halaman lagi. Disitu, akan muncul ikon dari Google Lens yakni gambar seperti kamera. Lalu, tekan ikon tersebut, maka Google Lens akan terbuka.

3. Scan Gambar dan Salin Teks

Apabila sudah masuk pada halaman Google Lensa, maka tampilannya akan menunjukkan kamera. Di situ, pengguna bisa langsung melakukan scan terhadap teks tulisan tangan tadi. Scan tulisan tangan dengan baik agar nantinya dapat disalin.

Selain dengan scan langsung, bisa juga dengan menyalin dari teksnya. Pengguna dapat memilih file jpg pada file perangkat. Caranya dengan menekan ikon file gambar yang ada di atas layar.

Jika sudah, nantinya Google Lens akan melakukan proses pendeteksian tulisan dari teks tulisan tangan tersebut. Kemudian, akan muncul blok dengan warna putih, yang berarti tulisan tersebut sudah dapat disalin. Untuk menyalinnya, tinggal tekan lama teks lalu pilih teks mana saja. Lalu, tekan opsi salin.

4. Masukkan Teks ke Word

Apabila sudah berhasil tersalin, maka berikutnya adalah membuka aplikasi Word yang ada di perangkat Android tersebut. Kemudian, tekan halaman baru pada aplikasi Word tersebut. 

Jika sudah berada di halaman baru word, pengguna bisa langsung tempel teks tulisan tangan yang tadi. Lihatlah hasilnya, tulisan tangan telah berhasil berubah jadi ketikan. Sangat mudah, bukan?

Cara Mengubah Tulisan Tangan Menjadi Ketikan Pada iPhone

Selain pada Android, bagi pengguna iPhone juga bisa mengubah tulisan tangan jadi ketikan. Untuk caranya bisa dengan menggunakan aplikasi Note yang bisa didapatkan pada App Store. Adapun, berikut cara mudahnya.

  • Pertama, bukalah aplikasi Note yang tersedia di iPhone yang dipakai. Namun, apabila tidak ada maka pengguna bisa unduh lebih dulu.
  • Jika sudah berhasil, masuk pada aplikasi Note tersebut maka akan terdapat halaman utama dari aplikasi Note. Nah, disitu pengguna bisa menekan ikon kamera yang ada di keyboard virtual.
  • Lalu, tekan opsi scan text yang digunakan untuk melakukan deteksi atau pemindaian terhadap tulisan tangan.
  • Kemudian, tekan opsi insert ketika muncul pada note tersebut.
  • Nantinya, teks tulisan tangan yang telah discan, maka akan tulisan tersebut dapat disalin dan dimasukan pada Word. Dengan begitu, mengubah tulisan tangan jadi ketikan telah berhasil.

Itulah tadi cara mengubah tulisan tangan menjadi ketikan di perangkat iPhone serta Android. Dalam melakukan hal tersebut, pengguna pastikan bahwa tulisan tangan tersebut dapat terbaca dengan baik. Nantinya pemindai teks akan dengan mudah membacanya dan hasilnya pun bagus.

Baca Juga: Cara Menggunakan Pulsa Monetary Telkomsel dengan Otomatis 2022

Check Also

Cara Cek Paket Nelpon Kartu AS, MUDAH BANGET!

Cara Cek Paket Nelpon Kartu AS, MUDAH BANGET!

Cara cek paket nelpon kartu AS merupakan informasi yang sangat kamu butuhkan. Meski era digital …