2 Cara Menggunakan Stitch Long Screen

  • Whatsapp
cara menggunakan stitch long screen

Mungkin pengguna smartphone sudah mengetahui apa itu screenshot, namun tahu stitch long screen? Sebenarnya ini tidak berbeda jauh dengan screenshot layar smartphone, namun memang dapat lebih panjang. Bagi yang belum tahu, kemungkinan cara menggunakan stitch long screen tidak tahu bukan?

Secara khusus kali ini akan disampaikan bagaimana cara melakukan screenshot layar dengan hasil panjang, sehingga pekerjaan juga lebih efisien. Bagi yang penasaran, terus ikuti pembahasan kali ini untuk segala tipe smartphone. Langsung masuk ke pembahasan cara menggunakan stitch long screen berikut:

Bacaan Lainnya

Cara Menggunakan Stitch Long Screen Tanpa Aplikasi

Sebenarnya ada berbagai tipe smartphone, di dalamnya juga memiliki berbagai fitur yang ada dan tentunya berbeda-beda. Hal ini juga berlaku ketika pengguna akan melakukan stitch long screen yang bagi beberapa smartphone mungkin memiliki fiturnya. 

Bagi smartphone yang dapat melakukan cara menggunakan stitch long screen tanpa menggunakan aplikasi tambahan lagi dapat dengan mudah terlihat. Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkah sebagai berikut:

  • Pertama posisikan terlebih dahulu layar yang berisi percakapan atau apa pun yang ingin dilakukan stitch long screen.
  • Kemudian tarik notifikasi ke bawah untuk memperoleh pilihan screenshot.
  • Biasanya mode screenshot akan menggunakan simbol seperti gunting di atas selembar kertas.
  • Setelah klik simbol screenshot tersebut, melihat apakah ada tambahan menu untuk menentukan cara screenshot. Apabila ada, maka kemungkinan besar smartphone dapat melakukan stitch long screen.
  • Umumnya ada pilihan untuk melakukan screenshot layar atau panjang.
  • Klik stitch long screen dan gulirkan pelan-pelan layar yang akan ditangkap menjadi gambar. Prosesnya harus pelan-pelan agar nantinya tidak terjadi kesalahan gambar.
  • Berhentikan pada bagian yang ingin diakhiri dan klik tanda centang.
  • Tunggu hingga proses menyimpannya selesai dan coba cek galeri.
  • Memang hasil yang disimpan akan lebih kecil dan ramping, namun pengguna dapat melakukan zoom hingga dapat melihat hasil tangkapan layarnya.

Cara Menggunakan Stitch Long Screen Menggunakan Aplikasi Tambahan

Berkebalikan dengan tipe smartphone yang dapat melakukan cara menggunakan stitch long screen tanpa aplikasi tambahan. Tipe smartphone lainnya mungkin tidak mendukung fitur ini. Akan tetapi, tidak perlu bingung lagi karena ada aplikasi yang akan membantu seperti:

1. Long Screenshot Capture

Aplikasi pertama yang disarankan adalah Long Screenshot Capture yang telah diunduh lebih dari 5 ribu kali. Dalam aplikasi in, pengguna dapat melakukan tangkapan layar panjang atau pendek. Kemudian tidak ada watermark atau tanda yang diberikan dari aplikasi ini.

Ditambah lagi, penggunaannya gratis mulai dari pengunduhan aplikasi hingga pemakaian semua fitur yang tidak terbatas. Sebelum mengunduhnya, pastikan smartphone yang dimiliki merupakan Android 5.0 atau di atasnya.

2. LongShot For Long Screenshot

Kemudian ada aplikasi yang membutuhkan 6 MB sebagai kapasitas penyimpanan yaitu LongShot for Long Screenshot dari Leav Jenn. Aplikasi ini memang dikhususkan untuk membuat tangkapan layar panjang, sehingga desain serta penggunaannya lebih sederhana.

3. ScreenMaster: Screenshot & Longshot, Photo Markup

Terakhir adalah aplikasi yang direkomendasikan untuk melakukan stitch long screen yaitu Screen Master yang dirilis oleh Blossgraph. Menurut penilaian, aplikasi ini cukup baik karena memiliki rata-rata penilaian 4.7 bintang dari 64 ribu ulasan.

Selain itu, untuk mengunduhnya juga hanya meminta calon penggunanya menyisihkan sekitar 10 MB sebagai kapasitas penyimpanan. Beberapa fitur Screen Master selain stitch long screen adalah dapat menambahkan tulisan dan stiker pada foto.

Demikian pembahasan singkat mengenai cara menggunakan stitch long screen yang dapat dilakukan pengguna smartphone. Bagi beberapa smartphone yang mendukung tipe screenshot satu ini, maka dapat berbangga karena tidak semua HP seperti itu.

Pos terkait