Cara Mengetahui No SIM Card Sendiri dengan Mudah

  • Whatsapp
cara mengetahui no sim card sendiri

Meskipun sudah banyak teknologi yang semakin modern, namun kehadiran nomor SIM sepertinya tidak tergantikan. Bahkan beberapa orang masih juga bingung untuk melihat bagaimana cara mengetahui no SIM card sendiri di kartu miliknya. Sebenarnya sangat mudah, namun beberapa provider memiliki caranya sendiri.

Sebenarnya akan lebih mudah ketika pengguna langsung saja melihat bagian kemasan yang biasanya tertulis nomor sesuai kartu. Sayangnya beberapa orang mungkin kehilangannya dan tidak sempat untuk mencatatnya. Langsung saja yuk simak bagaimana cara mengetahui no SIM card sendiri sesuai provider yaitu:

Bacaan Lainnya

Menggunakan Panggilan Tertentu Sesuai Kartu Provider

Rekomendasi pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan panggilan tertentu yang disesuaikan dengan kartu provider yang digunakan. Cara ini dianggap paling efektif karena mudah untuk dilakukan dan tidak akan salah. Baca dan ikuti langkah caranya sesuai provider berikut:

1. Kartu Telkomsel

Bagi pengguna kartu Telkomsel yang meliputi kartu As, Simpati, By u, dan sebagainya dapat coba untuk melakukan pengecekan dengan memanggil *808#. Setelah itu, akan muncul pesan notifikasi yang menunjukkan nomor yang digunakan.

Jangan lupa untuk menyalin atau melakukan rekam layar agar nomor telepon dapat dengan mudah dibuka ketika akan mengisi pulsa atau data internet. Atur juga pengaturan sambungan agar dapat menelepon kode tersebut.

2. Provider Axis atau XL

Kemudian bagi pengguna salah satu perusahaan yang baru bergabung ini juga cukup mudah. Keduanya hampir sama untuk mengecek nomor telepon yang dimiliki yaitu dengan menekan *123*7#. Kemudian klik simbol telepon untuk melihat menu berikutnya.

Lanjutkan dengan menekan angka 97 untuk mengecek nomor telepon yang digunakan. Dilanjutkan kembali dengan mengetikkan nomor 1, lalu kirim untuk mengecek menu profil pengguna. Aturan untuk Axis dan XL hampir serupa, pengguna juga dapat mengakses menu lainnya melalui *123#.

3. Kartu Indosat

Masih menggunakan layanan panggilan, begitu juga dengan provider Indosat yang memerlukan pengguna untuk menelepon *185#. Setelah itu, seperti biasa akan muncul notifikasi pemberitahuan nomor telepon yang digunakan. Jangan lupa untuk menyalin atau mencatatnya.

Memanfaatkan Fitur dalam Smartphone

Beralih ke cara mengetahui no SIM card sendiri berikutnya yaitu dengan memanfaatkan fitur dalam smartphone tanpa biaya tambahan apapun. Bagi pengguna yang anti ribet, maka cara ini di sarankan untuk dicoba. Simak dan perhatikan urutan caranya antara lain:

1. Melihat Menu Pengaturan

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengecek menu pengaturan setting dan cari menu yang bertuliskan “About Phone”. Kemudian klik dan gulirkan layar smartphone hingga ke bawah sampai menemukan SIM Cards and Mobile Networks. 

Setelah klik menu tersebut akan muncul berbagai menu dan keterangan mengenai telepon. Gulirkan ke bawah sampai bertemu dengan keterangan Phone Number, akan terlihat nomor kartu yang sedang digunakan. Sayangnya pada beberapa smartphone mungkin tidak dapat bekerja.

2. Memanggil Nomor Telepon Lainnya

Kemudian cara mengetahui no SIM card sendiri dan yang paling sederhana adalah dengan melakukan panggilan nomor telepon lainnya. Langkahnya juga sangat mudah yaitu dengan masuk ke aplikasi Telepon dan mengetikkan nomor yang akan dituju.

Kemudian melakukan panggilan dan tunggu sampai telepon berdering. Pastikan juga bahwa nomor telepon yang dituju masih aktif dan milik orang sekitar, sehingga mudah dilihat. Setelah itu, lihat pada telepon yang dipanggil dan lakukan pencatatan pada nomor yang dimiliki sebagai pemanggil.

Demikian sedikit hal yang dapat dibahas tentang cara mengetahui no SIM card sendiri untuk dapat mengisi pulsa sehingga bisa digunakan. Bagi yang ingin mudah, biasanya langsung memutuskan untuk membeli kartu baru tanpa mencobanya dahulu. 

Pos terkait