Cara Mengatasi OVO Paylater Tidak Muncul Paling Efektif

  • Whatsapp
Cara Mengatasi OVO Paylater Tidak Muncul Paling Efektif
Cara Mengatasi OVO Paylater Tidak Muncul Paling Efektif | Source img ovo.id

Masalah seperti OVO paylater tidak muncul bukanlah kasus yang baru, sebab beberapa orang mengeluhkan hal yang sama. Penyebabnya bisa beragam, mulai dari status keanggotaan sampai umur akun.

Mengenal Fitur Paylater pada OVO

Pada dasarnya, fitur paylater pada OVO sama dengan fitur pembayaran di belakang pada platform lain. Sistemnya, pengguna dapat membeli suatu produk dan membayarnya di kemudian hari sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Bacaan Lainnya

Tujuan utama pengadaan fitur ini adalah mengoptimalkan fungsi aplikasi bagi para penggunanya, mengingat banyak orang yang ingin membeli kebutuhannya namun harus terhambat perkara biaya.

Untuk contoh kasus, seseorang butuh membeli pulsa karena ingin mengabari keluarganya tentang kondisi darurat yang dialaminya, tapi hal tersebut belum bisa dilakukan karena gajinya belum keluar. Pada tahap ini, fitur paylater dinilai sangat membantu.

Penyebab Utama OVO Paylater Tidak Muncul

Ada banyak alasan yang mendasari kenapa opsi OVO paylater tidak muncul di halaman utamanya, diantaranya adalah:

1. Maintenance

OVO paylater tidak muncul mungkin disebabkan oleh masalah teknik yang ada pada situs atau aplikasinya, atau bisa juga karena masalah dari konsumen.

Jika kendalanya berasal dari pihak penyelenggara, pengguna hanya bisa menunggu sampai proses maintenance selesai. Namun apabila masalah tersebut berasal dari konsumen, cukup atasi dengan cara melakukan aktivitas lain di OVO.

2. Akun dalam Kategori Club

Status akun dalam kategori club juga bisa menjadi penyebab OVO paylater tidak muncul. Umumnya, agar dapat menikmati fitur ini, Anda harus termasuk sebagai pengguna Premier.

Oleh karena itu, pastikan Anda sudah jadi bagian dari OVO premier dan menyelesaikan verifikasi data berupa KTP lengkap dengan swafoto.

3. Akun OVO Masih Baru

Alasan lain kenapa OVO paylater tidak muncul adalah akun yang masih tergolong baru dibuat. Dalam hal ini, akun tersebut belum mencapai usia minimal 6 bulan.

Hal ini diberlakukan demi kenyamanan dan keamanan antara pengguna bersama pihak penyelenggara. Secara pasti, kebijakan tersebut diadakan guna menghindari pembuatan akun secara massal sekaligus mengantisipasi aksi oknum tidak bertanggung jawab.

4. Pengguna Belum Berusia 21 Tahun

Usia jadi salah satu syarat untuk mengaktifkan paylater. Pihak penyelenggara secara khusus menyatakan usia legal untuk bisa menggunakan fitur ini adalah 21 tahun.

Sehingga apabila Anda belum genap 21 tahun, fitur ini mungkin tidak bisa muncul di halaman utama akun OVO.

5. Wilayah Tidak Terjangkau OVO Paylater

Beberapa wilayah belum terjangkau OVO paylater. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal seperti kondisi daerah yang belum memadai atau akses atas penagihan terlalu sulit.

Oleh sebab itu, penting bagi pengguna untuk memeriksa kembali ketersediaan wilayah pada laman resmi OVO. Apakah daerah yang Anda tempati sudah terdaftar dalam jangkauan wilayah atau belum.

6. Masih Ada Tagihan yang Belum Terbayar

Umumnya, fitur seperti ini punya limitnya sendiri, misalnya sekian juta rupiah. Jika akun Anda masih memiliki tanggungan paylater belum terselesaikan, bisa jadi hal tersebutlah yang mengakibatkan masalah pada layanan pembayaran di akhir.

Untuk dapat mengatasinya, segera selesaikan tagihan OVO paylater setiap bulannya secara rutin. Jangan sampai pelunasan dilakukan lebih dari jatuh tempo yang ditentukan.

Solusi OVO Paylater Tidak Muncul

Beberapa penyebab fitur paylater yang bermasalah dapat diatasi secara mandiri, sebagian sisanya butuh bantuan dari pihak penyelenggara, hingga tidak bisa diselesaikan sama sekali.

Sebagai contoh untuk masalah usia, website maintenance, dan wilayah belum terjangkau, tidak ada hal yang bisa dilakukan dengan itu. Mengingat penyebabnya bukanlah disebabkan oleh permasalahan individu, melainkan teknikal.

Berbeda halnya dengan masalah keanggotaan yang masih dalam kategori Club. Pengguna dapat mengatasinya secara langsung dengan mendaftarkan diri pada akun premier.

Baca juga : Aplikasi Indodana PayLater

Cara Mengatasi OVO Paylater

Untuk kasus paylater yang sulit diatasi secara mandiri, Anda dapat memilih untuk menghubungi call center OVO pada dial 1500 696.

Proses konsultasi juga bisa dilakukan secara langsung dengan mengunjungi booth OVO terdekat di kota Anda. Pada sesi konsultasi, umumnya pihak OVO akan menyarankan solusi terbaik bagi para penggunanya.

Demikianlah kilas informasi mengenai OVO paylater tidak muncul yang penting untuk Anda ketahui.

Pos terkait