Cara Mengatasi Aplikasi Ruangguru Error, Lemot, Crash & Boros Kuota

  • Whatsapp

Kamu bertanya-tanya, kenapa aplikasi Ruangguru kamu mengalami error, lemot, atau crash? Terus, kamu juga penasaran, apakah Ruangguru boros kuota? Langsung aja yuk, simak jawabannya di artikel ini!

Halo, teman-teman! Gimana nih, kabarnya? Semoga senantiasa sehat, ya! Di artikel sebelumnya, kita sudah membahas tentang cara berhenti berlangganan, membatalkan pesanan, atau menghapus akun Ruangguru. Nah, di artikel kali ini, kita akan membahas tentang kenapa aplikasi Ruangguru kamu mengalami error, loading lemot, atau crash.

Bagi pengguna setia aplikasi Ruangguru, mungkin kamu pernah mengalami hal-hal semacam itu, kan? Misalnya, lagi enak-enak belajar, tiba-tiba ada notifikasi gagal memuat video. Atau video belajar yang sedang kamu tonton tiba-tiba buffering dan nggak selesai-selesai. Atau mungkin ada juga yang ketika menonton video belajar, tiba-tiba aplikasi mengalami crash dan menutup dengan sendirinya.

Nah, ketika terjadi permasalahan seperti itu, kira-kira apa ya, yang bisa dilakukan untuk mengatasinya? Langsung saja simak pembahasan di bawah ini, ya!

 

Kenapa Ruangguru Error, Lemot, atau Crash?

Saat kamu mengalami kendala pada aplikasi Ruangguru, seperti misalnya saat aplikasi Ruangguru kamu tiba-tiba error, lemot, atau crash, ada beberapa hal yang bisa kamu coba lakukan untuk mengatasinya, yaitu sebagai berikut:

  1. Update aplikasi Ruangguru ke versi terbaru
  2. Memastikan koneksi internet yang digunakan stabil dan lancar, bisa juga dengan mencoba menggunakan koneksi internet lainnya
  3. Ganti koneksi dari 4G ke 3G atau sebaliknya. Jika menggunakan modem atau router, bisa dicoba untuk restart modem atau router-nya. Setelah itu, tutup aplikasi lalu buka kembali
  4. Coba untuk logout dan login, namun pastikan kamu mengingat email dan kata sandi yang kamu miliki, ya!
  5. Lakukan clear cache pada aplikasi Ruangguru
  6. Force close (paksa berhenti) aplikasi, lalu buka kembali aplikasi Ruangguru
  7. Sebagai alternatif, gunakan device lainnya untuk melihat apakah terjadi kendala yang sama dengan device pertama. Pastikan untuk logout terlebih dahulu di device pertama

Selain melalui aplikasi, kamu juga bisa mengakses Ruangguru melalui website app.ruangguru.com untuk proses belajar yang lebih maksimal. Website ini bisa kamu akses melalui smartphone, tablet, maupun laptop.

Baca juga: Penting! Informasi Layanan Customer Service Ruangguru Terbaru

Sekarang, kita lanjut ke pembahasan selanjutnya yuk!

 

Apakah Ruangguru Boros Kuota?

Kamu mungkin pernah bertanya-tanya, 

“Kira-kira aplikasi Ruangguru itu boros kuota nggak, ya? Kan aplikasinya berisi banyak video belajar?”

Eits, tenang aja, guys! Ruangguru hadir dengan kualitas pembelajaran yang tinggi, namun tetap terjangkau, ya! Termasuk juga kuota internet yang diperlukan, masih dalam batas wajar dan sama seperti saat kamu mengakses media sosial.

Selain itu, Ruangguru juga menyediakan fitur download yang bisa mempermudah kamu untuk mengakses materi video, rangkuman, serta Bank Soal tanpa menggunakan kuota internet.

Video belajar dan Bank Soal dapat di-download terlebih dahulu melalui Wi-Fi dengan pilihan penyimpanan di memori internal dan SD Card. Tidak hanya pilihan lokasi penyimpanan, di aplikasi Ruangguru tersedia juga pilihan kualitas video yang bisa disesuaikan dengan keinginan. Selain itu, Bank Soal juga dapat di-download dan di-print, untuk memudahkanmu dalam menjawab soal yang tersedia.

Lalu, bagaimana cara download video belajar Ruangguru dan Bank Soal? Perhatikan langkah-langkah berikut, ya!

 

Cara Download Video Belajar Ruangguru

  1. Buka aplikasi Ruangguru
  2. Pilih materi yang ingin dipelajari atau di-download
  3. Klik Download Materi”
  4. Pilih topik-topik yang ingin di-download, kamu bisa download keseluruhan materi atau materi tertentu saja
  5. Pilih opsi penyimpanan memori internal atau SD Card
  6. Pilih juga kualitas video serta opsi jaringan yang akan digunakan untuk men-download, apakah menggunakan Wi-Fi atau jaringan seluler

 

Cara Download Bank Soal Ruangguru

  1. Buka aplikasi Ruangguru
  2. Klik fitur Banksoal
  3. Pilih kelas dan mata pelajaran serta kategori UTS, UAS atau UN
  4. Klik Downloaddi samping paket Banksoal yang ingin di-download

Selesai sudah pembahasan kali ini tentang mengapa Ruangguru error, lemot, atau crash, serta apakah Ruangguru boros kuota atau tidak. Semoga artikel ini bisa menjawab pertanyaan kamu sekaligus membantu kamu menemukan solusi, ya! Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar aplikasi Ruangguru, kamu bisa menghubungi customer service resmi dari Ruangguru melalui nomor dan email berikut ini:

Selain kontak-kontak di atas, kamu juga bisa menggunakan layanan In-App Messaging yang ada di aplikasi Ruangguru. Jangan ragu untuk bertanya ya, karena malu bertanya, sesat di jalan!