Cara Menambah Kapasitas Baterai Laptop dengan Melakukan Kalibrasi

  • Whatsapp
cara menambah kapasitas baterai laptop

Banyak orang yang mengeluh karena baterai laptopnya mudah habis. Padahal, ada cara menambah kapasitas baterai laptop. Salah satu cara yang bisa dicoba adalah kalibrasi. 

Laptop merupakan perangkat yang sangat esensial di masa modern ini. Hampir semua kegiatan membutuhkan laptop. Mulai dari urusan pekerjaan sampai urusan pendidikan. Karena banyaknya kegiatan yang membutuhkan laptop, tidak heran banyak yang mengharapkan laptop dengan kapasitas besar. 

Bacaan Lainnya

Berikut adalah beberapa cara untuk menambah kapasitas baterai laptop. Dengan cara melakukan kalibrasi pada laptop, para pemilik bisa melakukan kalibrasi dengan berbagai metode yang akan dijelaskan di bawah ini:

Melakukan Kalibrasi Baterai Secara Manual 

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan kalibrasi baterai secara manual atau langsung melalui sistem yang ada laptop. Untuk pengguna laptop dengan menggunakan sistem operasi Windows. 

Tipe Window yang paling ideal untuk dikalibrasi adalah laptop dengan sistem operasi Windows 10. Berikut adalah cara yang bisa dilakukan untuk memulai kalibrasi, diantaranya:

  • Masuk ke dalam menu Control Panel di Laptop. 
  • Kemudian, pilih fitur Hardware and Sound kemudian, Power Options, lalui klik pada Change When The Computer Sleep. 
  • Pada bagian Put The Computer to Sleep, ubah pilihan durasi menjadi Never. 
  • Lanjutkan dengan masuk ke Change Advanced Power Settings. 
  • Masuk ke opsi Battery, kemudian klik pada ikon plus pada opsi. 
  • Pilih opsi ‘Critical Battery Option’ dan masukkan ke dalam mode ‘Hibernate’.
  • Setel status kritikal baterai dari 1% menjadi 5%.
  • Simpan perubahan yang sudah dilakukan dengan klik ‘Apply’.

Proses kalibrasi ini bisa meningkatkan kondisi baterai laptop. Selain itu, membuat laptop bisa bertahan lebih lama daripada sebelum dikalibrasi. 

Melakukan Kalibrasi Baterai Menggunakan BIOS 

BIOS adalah kependekan dari Basic Input Output System yang merupakan sistem dasar dari sebuah perangkat komputer maupun laptop. Sebagai sistem dasar, dengan mengakses BIOS, para pengguna juga bisa melakukan kalibrasi pada baterai laptop. 

Perlu diingat, jika tidak semua laptop memiliki sistem BIOS sebagai sistem dasarnya. Karena itu, para pemilik harus memastikan lebih dulu laptop yang dimiliki menggunakan sistem BIOS. Berikut adalah cara untuk melakukan kalibrasinya. 

Masukkan laptop dalam mode booting, kemudian tekan tombol F2 dan jangan sampai dilepas, sampai laptop menuju Recovery Mode. Untuk lebih lengkapnya, simak beberapa langkah berikut:

  • Masuk ke dalam menu Power di dalam BIOS. 
  • Kemudian, pilih opsi Start Battery Calibration dan tekan enter untuk memulai. 
  • Tunggu proses sampai selesai sampai baterai menunjukan presentase 100. 
  • Lakukan pengisian ulang baterai sampai 100%, sebelum baterai penuh jangan sampai charger dilepas atau melakukan proses lainnya pada laptop. 
  • Setelah baterai penuh, maka proses kalibrasi pada BIOS bisa dinyatakan selesai. 

Melakukan Kalibrasi Baterai dengan Aplikasi BatteryCare 

Cara menambah kapasitas baterai laptop dengan kalibrasi selanjutnya dengan menggunakan bantuan aplikasi bernama BatteryCare. Jadi, selain menggunakan sistem yang memang sudah pada laptop. 

Para pengguna juga bisa menggunakan software atau aplikasi baterai yang memiliki fitur untuk kalibrasi. Salah satu yang paling mudah digunakan adalah BatteryCare, software ini juga ideal untuk digunakan di berbagai jenis laptop. 

Untuk menggunakannya juga sangat mudah, para pengguna tinggal menginstall software ini di laptop yang ingin dikalibrasi. Pilihan untuk kalibrasi baterai akan langsung terlihat di bagian awal tampilan software. 

Itulah cara menambah kapasitas baterai laptop dengan melakukan kalibrasi. Ada berbagai pilihan cara kalibrasi yang bisa para pengguna lakukan. Mulai dari menggunakan sistem yang asli pada laptop. Sampai menggunakan bantuan software lain. 

 

Pos terkait