Cara Bikin Foto 360 Derajat di Android Mudah untuk Pemula

  • Whatsapp
Cara Bikin Foto 360 Derajat di Android

Agar mendapatkan foto yang menarik dan jangkauannya lebih luas, maka pengguna bisa mengambil foto 360 derajat. Namun, kebanyakan orang ternyata masih bingung terkait cara bikin foto 360 derajat di Android. Oleh karena itu, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Mode Foto 360 Derajat?

Untuk mengabadikan momen tertentu, memang butuh perangkat elektronik seperti Kamera ataupun HP. Hari ini sudah banyak HP yang memiliki kamera dengan berbagai fitur di dalamnya. Salah satunya adalah 360 derajat.

Bacaan Lainnya

Sehingga mengambil foto dengan mode 360 derajat ini memungkinkan pengguna mampu menjangkau gambar dengan lebih luas. Gambar yang kamu hasilkan bukan hanya tampak samping saja, namun juga bagian kanan dan kirinya ikut terlihat. 

Cara Bikin Foto 360 Derajat di Android

Setelah mengetahui fungsi dari fitur kamera 360 derajat, saatnya mengetahui bagaimana cara menggunakannya. Sayangnya, tidak semua perangkat ada fitur bawaan tersebut. Sehingga pengguna bisa simak cara bikin foto 360 derajat di android dengan memanfaatkan aplikasi di bawah ini.

1. Menggunakan Aplikasi Panorama 360

Pertama yang bisa kamu lakukan dalam membuat foto 360 derajat di Android adalah dengan memanfaatkan aplikasi Panorama 360. Aplikasi ini bisa dengan mudah didapatkan di Playstore. Adapun langkah penggunaan aplikasi Panorama bisa di penjelasan berikut ini. 

  • Pastikan perangkat Android telah mendownload aplikasi Panorama di Playstore terlebih dahulu. Selanjutnya jangan lupa juga menginstall aplikasi tersebut.
  • Untuk mendukung kerja dari aplikasi ini pengguna bisa memberikan izin akses aplikasi ini di perangkat android. Caranya dengan masuk pada pengaturan, kemudian masuk pada aplikasi terinstall dan cari aplikasi Panorama tersebut.
  • Lalu selanjutnya pilih pada bagian perizinan nya dan silahkan nyalakan perizinan sesuai kebutuhan.
  • Jika aplikasi sudah siap kamu gunakan, maka pengguna bisa memulai mengambil gambar. Adapun caranya adalah dengan memastikan posisi smartphonenya dalam keadaan portrait.
  • Lalu, pengguna bisa klik pada bagian start capture untuk memulai foto. Lalu ikuti petunjuk bagaimana pengambilan gambar yang tepat. Apabila gambar sudah selesai kamu ambil, maka otomatis foto tersebut akan berhasil tersimpan.
  • Menariknya, hasil foto dari aplikasi ini bisa dengan mudah kamu bagikan ke media sosial misalnya Facebook. Pengguna juga bisa memilih fitur HD sehingga hasilnya akan lebih berkualitas. Sayangnya, untuk mendapatkan fitur ini pastikan pengguna berlangganan aplikasi ini.

2. Menggunakan 360 Photos & Virtual Tours

Selanjutnya selain memanfaatkan aplikasi Panorama, pengguna bisa melakukan cara bikin foto 360 derajat di Android dengan bantuan aplikasi 360 Photos & Virtual Tours. Untuk langkah penggunaannya sangat mudah, diantaranya:

  • Pastikan pengguna baru untuk mendownload aplikasi 360 Photos & Virtual Tours ini di perangkat android. Jangan lupa, pengguna juga menginstalnya layaknya sedang menggunakan aplikasi lainnya.
  • Jangan lupa, berikan izin akses aplikasi ini agar bisa bekerja lebih optimal. Lalu untuk memulai menggunakan aplikasi ini, pastikan kondisi perangkat HP pada keadaan portrait. Dan tentukan objek yang hendak di foto.
  • Selanjutnya, pilih pada bagian start capture, sebagai tanda bahwa pengguna memulai pengambilan gambarnya. Bagi pengguna pemula jangan khawatir, pasalnya aplikasi ini memberikan petunjuk bagaimana pengambilan gambar yang tepat.
  • Pengguna tinggal mengikuti langkah yang diarahkan oleh sistem dalam aplikasi tersebut. Adapun foto yang sudah berhasil diambil akan masuk pada bagian folder galeri yang ada di HP. Jadi, pengguna bisa melihatnya kembali. 

Itulah beberapa cara bikin foto 360 derajat di Android yang bisa dilakukan. Pasalnya tidak semua HP android telah memiliki fitur kamera bawaan untuk foto 360 derajat. Namun, tenang saja dengan memanfaatkan aplikasi yang sudah dijelaskan diatas, pengguna bisa membuat foto 360 derajat. 

Baca Juga: Aplikasi Sadap HP

Pos terkait