Cara Berhenti Berlangganan, Batalkan Pesanan & Hapus Akun Ruangguru

  • Whatsapp

Mau ganti paket, berhenti langganan, batalkan pesanan, atau hapus akun Ruangguru kamu? Simak penjelasannya di artikel berikut ini ya.

Guys, sudah berapa lama kamu menggunakan Ruangguru untuk menemani waktu belajar kamu? Paket belajar di Ruangguru memang dijual dalam jangka waktu yang berbeda-beda. Maka, wajar saja jika kamu ingin mengubah paket, memperpanjang paket belajar, atau mengubah akun Ruangguru yang sudah kamu miliki.

Kali ini, Ruangguru sudah merangkum beberapa pertanyaan seputar langganan dan akun Ruangguru yang banyak ditanyakan. Yuk, lihat informasi lengkapnya berikut ini.

 

Bagaimana Cara Berhenti Berlangganan Ruangguru?

Apabila sudah membeli paket di Ruangguru, kamu tidak dapat berhenti berlangganan selama paket langgananmu masih aktif. Hal ini karena ketentuan berlangganan di Ruangguru berlaku sesuai dengan masa aktif paket. Jika paket kamu masih aktif, maka disarankan untuk tetap belajar dan menggunakan paket yang kamu miliki. 

Kamu bisa cek masa aktif paket yang sedang kamu gunakan dengan cara berikut ini: 

  • Buka aplikasi Ruangguru atau kunjungi app.ruangguru.com
  • Login dengan email yang digunakan untuk berlangganan
  • Pada halaman awal aplikasi Ruangguru terdapat keterangan “Berlangganan”. klik “Berlangganan” untuk melihat detail paket aktif dan periode berlangganannya.

Berikut adalah tampilan detail paket yang bisa kamu lihat di aplikasi Ruangguru kamu:

Screenshot_2022-11-10-16-49-48-56

Apabila kamu ingin berhenti berlangganan karena ingin berlangganan di produk Ruangguru lainnya maka kamu bisa memilih opsi untuk Top Up paket, klik tautan berikut ini untuk cek paket yang bisa dilakukan Top Up bayar.ruangguru.com/topup

Baca Juga: Penting! Informasi Layanan Customer Service Ruangguru Terbaru 

 

Bagaimana Cara Menghapus Akun Ruangguru?

Apabila kamu ingin menghapus akun karena terganggu dengan blast email dari Ruangguru, kami sarankan untuk melakukan unsubscribe email dengan langkah sebagai berikut:

  1. Buka email dari Ruangguru
  2. Scroll hingga bagian paling bawah 
  3. Klik tulisan “Manage preferences”
  4. Kamu akan diarahkan ke halaman lain untuk memberhentikan email yang masuk dari Ruangguru, klik “Unsubscribe” pada bagian bawah halaman

 

Bagaimana Cara Membatalkan Pesanan Paket Berlangganan di Ruangguru?

Paket yang sudah dibeli akan batal otomatis dalam 1×24 jam apabila belum melakukan pembayaran. Setelah kamu melakukan pembelian, kamu bisa melihat riwayat pembelian di menu “Pembelian”. Tampilannya seperti ini:

Screenshot_2022-11-10-16-46-34-23

Jika kamu ingin membatalkan pesanan dikarenakan alasan berikut:

  • Salah memilih paket berlangganan
  • Ingin mengganti metode bayar
  • Ingin melakukan pemesanan ulang karena belum menggunakan kode diskon

Silakan lakukan pemesanan kembali dan mengabaikan pemesanan sebelumnya, dengan catatan pembayaran paket sebelumnya belum dilakukan. Selanjutnya, kamu bisa langsung memilih paket belajar lainnya sesuai dengan yang kamu inginkan. Pastikan seluruh data yang dimasukkan sudah benar ya agar kamu tidak perlu melakukan pemesanan kembali.

“Kalau aku sudah bayar gimana kak?”

Apabila paket yang dipilih sudah dibayar, maka kamu tidak bisa membatalkan paket tersebut ya. Kamu bisa membeli paket baru atau memaksimalkan belajar dengan paket yang sudah dibeli sebelumnya.

Gimana, apakah kebingungan kamu sudah terjawab semua? Kalau kamu masih punya pertanyaan, kamu bisa langsung menghubungi customer service resmi dari Ruangguru berikut ini:

Kamu juga bisa langsung menggunakan layanan in App Messaging yang ada di aplikasi Ruangguru. Semoga membantu ya!