Berapa Lama Sertifikat Pelatihan Muncul di Dashboard Prakerja? Begini Prosesnya

  • Whatsapp

cocotekno.com – Supaya bisa mencairkan insentif, peserta program pengembangan kompetensi kerja Prakerja harus menyelesaikan pelatihan yang telah dipilih. Setelah menyelesaikan pelatihan, peserta bakal mendapat sertifikat Prakerja.

Untuk diketahui, sertifikat Prakerja berfungsi sebagai tanda bahwa peserta telah menyelesaikan pelatihan atau kursus. Dengan memiliki sertifikat Prakerja, peserta berhak untuk mendapatkan insentif.

Bacaan Lainnya

Sertifikat Prakerja pada dasarnya bakal muncul secara otomatis di halaman dashboard https://cocotekno.com web “Prakerja.go.id”, jika peserta telah menyelesaikan pelatihan dan telah divalidasi oleh pihak Manajemen Pelaksana Prakerja.

Lalu, berapa lama proses sertifikat muncul di dashboard Prakerja? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah alur sertifikat Prakerja, yang dirangkum dari laman platform digital mitra resmi Prakerja seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Alur sertifikat Prakerja

    Peserta telah menyelesaikan pelatihan kerja dari lembaga pelatihan dan dinyatakan lulus.

    Setelah itu, lembaga pelatihan akan menyerahkan laporan penyelesaian pelatihan ke pihak platform digital mitra seperti Bukalapak, Pintaria, Tokopedia, Pijar Mahir, dan Kariermu.

    Laporan penyelesaian pelatihan akan dikirim platform digital ke pihak Manajemen Pelaksana Prakerja maksimal H+1 (hari kerja), setelah laporan diterima oleh platform digital dari lembaga pelatihan.

    Kemudian, laporan penyelesaian kerja yang diterima dari platform digital akan diproses oleh Manajemen Pelaksana Prakerja dalam waktu 7×24 jam hari kerja (10 hari).

    Selesai diproses, sertifikat Prakerja bakal diberikan ke halaman dashboard peserta di https://cocotekno.com web “Prakerja.go.id”.

Itulah alur sertifikat Prakerja hingga bisa muncul ke halaman dashboard peserta di https://cocotekno.com web “Prakerja.go.id”. Sementara itu, dalam alur tersebut, kadang peserta menjumpai masalah seperti sertifikat Prakerja tidak muncul di dashboard.

Lantas, kenapa sertifikat Prakerja tidak muncul di dashboard? Penyebab sertifikat Prakerja tidak muncul di dashboard bisa disebabkan karena beberapa faktor. Salah satunya seperti platform digital belum mengirim laporan penyelesaian pelatihan ke pihak Prakerja.

Jika menjumpai masalah tersebut, lalu bagaimana cara mengatasi sertifikat Prakerja tidak muncul di dashboard? Bila sertifikat belum muncul, coba hubungi Call Center platform digital mitra Prakerja untuk membantu memeriksa proses laporan penyelesaian pelatihan.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs https://cocotekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), https://cocotekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Pos terkait