Banyak Foto Hoax, Label Cek Fakta Kini Muncul di Google Images

  • Whatsapp

cocotekno.com – NESABAMEDIA.COM – Foto tidak selalu menunjukkan apa yang sebenarnya terjadi. Dengan sedikit keahlian mengedit foto, sebuah foto bisa dimanipulasi sehingga sulit dibedakan apakah foto itu asli atau tidak. Sebagai langkah untuk menangani masalah ini, Google menambahkan label cek fakta pada hasil pencarian gambar di Google Images.

Di dalam Google Images, label cek fakta ditampilkan di bawah gambar thumbnail, bersandingan dengan nama website yang memuat gambar tersebut. Tampilan label hanya berupa teks biasa tanpa elemen grafis yang membuatnya mencolok seperti warna atau simbol tertentu.

Bacaan Lainnya

Jika gambar thumbnail diklik untuk menampilkannya dalam ukuran yang lebih besar, maka label tersebut akan ditampilkan di bawah judul.

Label cek fakta di Google Images

Label cek fakta tidak akan ditambahkan pada semua foto hoax, melainkan hanya pada foto-foto yang berasal dari sumber-sumber independen dan kredibel. Seperti dalam contoh yang diberikan Google melalui screenshot di atas, hanya gambar dari https://cocotekno.com Politifact yang diberi label.

Ketika URL foto (yang diberi label cek fakta) diklik, pengguna akan diarahkan ke halaman website atau artikel yang sudah memeriksa benar tidaknya foto tersebut. Website yang dipilih sebagai sumber untuk menyediakan informasi cek fakta adalah website yang sudah memenuhi kriteria Google.

Penambahan label cek fakta pada Google Images dianggap sebagai keputusan yang tepat mengingat foto palsu banyak bertebaran di mana-mana. Pelakunya tidak terbatas pada individu saja, bahkan https://cocotekno.com berita Fox News pun beberapa waktu lalu tertangkap basah menyebarkan foto-foto hoax untuk menyudutkan gerakan Black Lives Matter.

Foto hoax Fox News

Menurut Nina Jankowicz, seorang spesialis disinformasi di Wilson Center yang menulis buku tentang perang informasi dengan judul “How to Lose Information War”, sebuah foto hoax bisa jauh lebih menyakinkan daripada kata-kata.

Ia juga mengatakan bahwa label cek fakta tidak akan selalu membantu karena sejumlah orang lebih memilih untuk mempercayai apa yang mereka yakini daripada fakta yang sebenarnya.

Meskipun demikian, ia berharap label cek fakta yang dipasang oleh Google setidaknya dapat membuat orang-orang berhenti sejenak dan berpikir terlebih dahulu mengenai informasi yang diperolehnya sebelum turut menyebarkan informasi tersebut.

EDITOR: MUCHAMMAD ZAKARIA

    ”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website nesabamedia.com. Situs https://cocotekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), https://cocotekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

    Pos terkait