Bahlil Sebut Banyak Investor yang Sudah Masuk IKN, Siapa?

  • Whatsapp

Bacaan Lainnya

cocotekno.com – Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahaladia mengatakan, sudah banyak investor, baik dalam maupun luar negeri yang menanamkan modalnya di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Berbicara di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Bahlil membantah klaim yang menyebut kalangan investor masih ragu dan khawatir terhadap keberlanjutan proyek IKN. Ini tak lepas dari pernyataan Presiden Jokowi saat bertemu dengan investor kemarin.

“Sekarang ini sudah banyak yang masuk, bukan berarti banyak yang ragu. Enggak. Sudah banyak yang masuk,” kata Bahlil, Rabu (19/10/2022).

Bahlil mengakui memang masih ada sebagian investor yang menginginkan kejelasan dari proyek IKN. Namun, pernyataan Jokowi saat bertemu dengan kalangan investor sejatinya sudah sekaligus memberikan kepastian bagi para investor.

“Ketegasan dari pak presiden memberikan penjelasan itu sebagai wujud dari tanggung jawab pemerintah untuk menjamin investasi dari investor yang masuk di IKN,” katanya.

Jokowi kemarin sempat melakukan pertemuan dengan kalangan investor di Djakarta Theater, Selasa malam, (19/10/2022). Jokowi memberikan garansi bahwa berinvestasi di IKN tidak datang dua kali seumur hidup.

“Kalau masih ada yang belum yakin, kurang apalagi? Nanti sampaikan. Sudah tidak perlu dipertanyakan lagi,” kata Jokowi.

Pemerintah sendiri telah melakukan tender konstruksi untuk kawasan inti pusat pemerintahan Ibu Kota Nusantara di Penajam Paser, Kalimantan Timur. Salah satunya, pembangunan terintegrasi kawasan komplek Kementerian Sekretariat Negara.

Bergeser sedikit keluar kawasan KIPP Kementerian PUPR juga tengah melakukan tender proyek untuk pembangunan jalan akses persemaian IKN Mentawir, dengan nilai pagu paket mencapai Rp 127 miliar. Sampai 21 Oktober mendatang untuk penetapan hasil kualifikasi.

Sementara dari aksesibilitas sudah masuk pada tender tahapan konstruksi, seperti tender jalan tol IKN Segmen Karangjoang – KKT Kariangau dengan nilai Rp 3,4 triliun sudah dilakukan penandatanganan kontrak. Tol ini merupakan akses penghubung dengan kota Balikpapan.

Juga pekerjaan preservasi dan pembangunan jalan logistik simpang Itchi – Simpang Riko hingga Jembatan Pulau Balang dengan nilai Rp 3,3 triliun, yang juga sudah ditandatangani pada 6 Oktober 2022.

Selain itu dari bidang perumahan, penyediaan rumah tapak jabatan menteri juga tengah ditenderkan dengan nilai pagu paket mencapai Rp 509 miliar. Dimana menurut jadwal tender penetapan pemenang tender dilakukan pada 22 November dan penandatanganan kontrak pada 30 November.

Menurut Kepala Badan Otorita Bambang Susantono setidaknya ada 70an paket yang sedang berprogres di Kementerian PUPR. Jika penyelesaian tender selesai pada akhir 2022 maka, pekerjaan konstruksi mulai masif terjadi pada tahun depan.

“Tahun depan, mulai Januari (pembangunan fisik bangunan) jadi sekarang ini kalau temen-temen lihat di web PU ini semua lagi finalisasi. Ada sekitar 70 kontrak kalau nggak salah yang sedang berproses dan sekarang ada sekitar 20-an yang sudah berproses,” katanya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cnbcindonesia.com. Situs https://cocotekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), https://cocotekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Pos terkait